Lifestyle

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah! Pertimbangkan dengan Cermat untuk Masa Depanmu

Pilih Jurusan Kuliah

Banyak kasus yang terjadi di ruang lingkup pemilihan jurusan di bangku perkuliahan setelah menyelesaikan Pendidikan di strata SMA/ SMK yang tidak sesuai dengan pemilihan keinginan pribadi seperti tidak ada alumni jurusan kakak tingkat di Universitas yang di inginkan sehingga menjadi pesimis dan kurang percaya diri membuatnya mengubah jurusan yang tidak sesuai bidangnya. Ada juga dari tuntutan dari sekolah di bagian BK (Bimbingan Konseling) untuk mengambil jurusan yang di arahkannya yang tidak sesuai dengan siswa bidangnya. Pemikiran dari BK ( Bimbingan Konseling) agar memudahkan siswa nya masuk di Universitas yang diingkan siswanya dengan melihat nilai raport mulai dari SMA kelas 10 sampai dengan kelas 12. Padahal siswa juga memiliki hak untuk memilih jurusan yang diingikannya walaupun nilai yang dimilikinya kurang maksimal, hanya  ikhtiyar dan tawakkal membuatnya optimis diterima Univeristas sesuai jurusan yang dinginknya.

Untuk memilih jurusan harus melihat prospek masa depan yang dibutuhkan negara sampai mancanagera agar tidak kaget dalam dunia kerja setelah lulus kuliah. Dengan melakukan perencanaan manajemen waktu sebelum masuk dunia perkuliahan.

Berikut tips memilih jurusan kuliah yang sesuai kemampuan diri sendiri :

  1. Adanya orang sekitar yang tahu prospek masa depan jurusanmu

Dengan memiliki kenalan orang sekitar yang tahu jurusanmu dapat memberikan masukan dan saran membuatmu lebih leluasa melihat masa depanmu menjadi lebih terarah dan terstruktur jika dibandingkan dengan diri sendiri yang menanggungnya.

  1. Melihat peluang profesi dunia kerja apa saja

Dengan melihat referensi artikel dan berita terbaru dalam seputar dunia kerja sesuai jurusanmu bisa manajemen waktu dalam memilih berbagai profesi kerja dengan kemampuanmu pada waktu sebelum menentukan jurusan yang akan kamu pilih.

  1. Sesuai kemampuan bidangmu bukan ikut dengan teman

Kebanyakan rata – rata siswa yang memiliki genk, sahabat atau teman dekat sewaktu SMA sudah memiliki prospek jurusan dan universitas yang sama. Padahal setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda – beda yang belum di pahami genk, sahabat atau teman dekat sewaktu SMA yang dianggapnya tidak berpengaruh besar. Padahal masa depanmu  yang menentukan dirimu sendiri dan takdir orang tidak sama. Jadi hilangkan rasa gak enakan terhadap temanmu.

  1. Harus tau kelebihan dan kelemahan jurusan yang kamu ambil

Melihat jurusan yang sebelum kamu ambil harus tahu kelebihan dan kelemahannya agar pada saat di tengah perjalanan tidak merasa pesimis dan mengundurkan diri membuat kedepannya menjadi pesimif dan khawatir yang berkepanjangan dalam memilih jurusan penggantinya. Melihat referensi jurusan dengan melihat media massa dan media elektronik yang akurat dan formal.

  1. Jati diri mulailah dari pemilihan jurusan SMA seperti IPS, IPA atau Bahasa

Dengan melihat riset nyaman dan asik mata Pelajaran kelas 10 dapat mengarah jurusan IPS, IPA, Bahasa pada SMA kelas 11 yang berlanjut ke  kelas 12 dan bangku kuliah . Sehingga maksimal semua mata Pelajaran pada kelas 10 agar bisa menentukan kedepannya dalam memilih jurusan kuliah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button