Instagram Umumkan Visual Refresh, Ada Tipografi Baru dan Perubahan Ikon

Instagram mengumumkan desain baru untuk tampilan antarmuka/user interface (UI). Ada beberapa elemen di bagian desain yang dipermak, seperti font, logo, dan tata letak baru. Kendati demikian, perubahan ini tampaknya tidka begotu mencolok. Menurut Instagram, upaya ini sengaja dilakukan untuk memberikan penyegaran visual, sekaligus lebih menonjolkan identitas aplikasi. “Instagram punya tampilan baru. Identitas brand kami yang baru, dirancang untuk merangkul evolusi dan membantu kami menciptakan pengalaman yang lebih inklusif,” kata CEO Instagram, Adam Mosseri dalam unggahannya di Twitter dengan handle @mosseri.

Instagram bakal melakukan beberapa perubahan visual dalam rangka menyegarkan desain dan tampilan user interface.

23 Mei kemarin, Instagram mengumumkan visual refresh yang membawa pembaruan dari segi warna, tipografi, logo dan elemen brand identity yang lebih segar.

Dalam keterangan di blog resminya, Instagram menuliskan bahwa sistem yang baru dirancang untuk menciptakan pengalaman imersif bagi pengguna.

Baca juga : Cara Menghapus Akun Instagram untuk Sementara dan Permanen

Tipografi Instagram Sans

Visual refresh Instagram menghadirkan font baru yang dinamakan dengan Instagram Sans.

Pengguna dapat menggunakan font ini untuk konten-konten Stories dan Reels.

Menariknya, font Instagram Sans ini kompatibel dengan banyak huruf di dunia, termasuk Arab, Thailand, dan Jepang.

Instagram mengaku bahwa mereka telah bekerja sama dengan pakar bahasa di dunia untuk mengadaptasi jenis huruf Arab, Thailand, dan Jepang di font Instagram Sans.

Font Instagram Sans

Tampilan Ikon Baru

Ikon Instagram yang baru dirancang menggunakan proses 3D modelling yang inovatif.

Instagram mengklaim bahwa gradien ikon yang baru akan membuatnya lebih terang dan lebih hidup.

Gradien warna baru untuk ikon Instagram

Gradien warna baru untuk ikon Instagram

Pemusatan Konten

Terakhir, penyegaran tampilan visual Instagram membawa perubahan tampilan antarmuka konten.

Kini, desain bar menempatkan konten di bagian tengah dengan fokus pada kesederhanaan dan ekspresi diri.

Instagram mengatakan bahwa layout baru ditujukan untuk menampilkan kesan full-screen.

Dengan layout pemusatan konten, Instagram berharap pengguna akan merasakan pengalaman yang lebih impresif dalam menikmati konten foto maupun video di Instagram.