RembangRembang Hari IniTips & Trik

Ini Tips Keluarga Yang Memiliki Lansia di Rumah

Rembang,kalasela.id- Seseorang yang sudah lanjut usia (lansia) rawan sekali jika terjatuh  dan menjadi salah satu momok yang menakutkan. Pasalnya terjatuh seringkali membuat lansia patah tulang, hingga akhirnya menimbulkan trauma yang cukup dalam.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, di RSUD Dr. R. Soetrasno Rembang, Rahmatika , Senin (19/6/2023) kepada kalasela.id mengatakan dari pengalamannya menangani pasien lansia, sebagian besar mengalami trauma akan terjatuh. Jika sudah seperti itu, peran keluarga sangat dibutuhkan.

“Bagi masyarakat yang di rumah punya lansia, ini harus benar – benar diperhatikan keamanan rumahnya. Peran keluarga diupayakan dapat meminimalisir kemungkinan lansia terjatuh di rumah, ” tuturnya.

Ia menghimbau keluarga yang mempunyai lansia bisa melakukan sejumlah langkah agar lingkungan rumah aman. Mulai dari menetralisir lantai rumah dari barang – barang yang bisa membuat lansia jatuh dan menyediakan hand rel di kamar mandi.

Cahaya di dalam rumah juga harus diperhatikan. Sehingga lansia bisa beraktifitas dengan lancar.

“Biasanya mainan anak – anak ini tercecer di lantai, nah itu harus dirapikan. Biar mbah – mbah aman saat ke kamar mandi, harus disediakan hand rel. Penerangan rumah juga jangan sampai redup,” beber dokter Tika.

Rahmatika menambahkan ada satu hal lagi yang tak kalah penting untuk bisa dihindari para lansia. Perihal ini adalah kegiatan yang membuat lansia membungkuk, itu harus dihindari.

“Orang tua itu kan banyak yang tidak bisa ya kita suruh diam. Kalau mereka mau nyapu, ngepel biarkan saja. Yang penting jangan membungkuk,” imbuhnya.

Dia menjelaskan pada saat memasuki usia lanjut, struktur tulang belakang manusia akan cenderung lebih pipih ke depan. Hal itulah yang menyebabkan munculnya kasus lansia menjadi bungkuk, akibat dari tidak dibiasakannya menegakkan badan.(Mcs/Yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button