Ini Proses dan Tahapan Seleksi Calon Pelatih SEA Games MLBB 2022

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sedang mengadakan seleksi calon pelatih esports untuk SEA Games 2021 Vietnam.

Dalam beberapa hari terakhir, PB ESI telah mengumumkan nama calon pelatih tim nasional esports di semua cabangnya.

Nama-nama beken seperti Zeys, James, dan Lius Andre masuk dalam kandidat pelatih tim nasional esports yang lolos seleksi tahap pertama.

Setelah itu, mereka masih harus melewati beberapa tahap lagi sebelum akhirnya dipilih sebagai pelatih resmi tim nasional esports Indonesia.

Berdasarkan Informasi yang GridGames himpun dari Garudaku, terdapat 4 tahap yang harus diikuti oleh para calon pelatih.

Calon pelatih dari Tim Nasional Esports Indonesia telah waktu oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) beberapa waktu lalu. Udil sebagai pemain Alter Ego Esports pernah memberi pertanyaan dalam menjawab pertanyaan calon pelatih tersebut.

Terdapat Delapan game yang dipertandingkan pada cabang eSports SEA Games 2021 termasuk Mobile Legends: Bang Bang, League of Legends Wild Rift – Mobile, Arena of Valor, PUBG Mobile, Free Fire, FIFA Online 4, League of Legends (PC), dan Raid ( Baku tembak – PC).

Akun resmi PBESI sendiri sudah mengumumkan calon pelatih lolos seleksi tahap pertama, termasuk mereka yang nantinya akan meracik strategi di tim Mobile Legends.

Beberapa calon pelatih timnas MLBB yang lolos seleksi adalah James Chen (Singapura), Lius Andre (Jakarta, Indonesia), Bjorn Ong atau Zeys (Singapura), dan Lanang Mega (Malang, Indonesia).

Udil sebagai salah satu pemain eSports profesional di pro scene MLBB memberikan surat terbuka terutama terkait penilaian yang dilakukan oleh PBESI.

“Penilaiannya berdasarkan apa ya? Ramah semua permintaan kepada komunitas @garudaku.esi, dan para pelatih MLBB yang akan membawa nama Indonesia. Tujuan dari permintaan ini hanya untuk mengatakan bahwa mereka layak, tidak ada maksud negatif untuk menjatuhkan pihak mana pun,” kata Udil melalui akun Instagram-nya.

Irliansyah Wijanarko sebagai salah satu perwakilan dari Tim Seleksi Nasional (Seleknas) SEA Games 2021 angkat bicara menyambut Udil.

Ia menjelaskan bahwa calon pelatih Timnas Esports Indonesia terbuka untuk semuanya. Terdapat tiga tahapan jika seseorang ingin menjadi pelatih yaitu pendaftaran, tahap kedua (penilaian/bobot program kerja), dan tahap ketiga (wawancara serta pembukaan dan pelatih).

 


“Sebagai anggota Tim Seleknas, izinkan saya menjawab ya. Kriterianya apa? Kriteria satu berdasarkan faktor ini: Registrasi di Garudaku, kelengkapan dokumen, pemeriksaan latar belakang , dan proposal program pelatihan. Tahap kedua adalah penilaian atau pemberian program bobot. Di tahap ketiga , calon yang lolos akan dipanggil untuk wawancara dan dinilai oleh tim independen Seleknas,” kata Irliansyah Wijanarko melalui Insta Story seperti dikutip dari akun @emak_moba.