TeknologiTerkiniUmum

Ingin Daftar SBMPTN 2022? Siswa Wajib Bikin Akun LTMPT Dulu

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama untuk penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah.

Siswa Kelas XII sekolah menengah atas (SMA) sederajat saat ini tentunya tengah mempersiapkan berbagai proses dan tahapan menjelang kelulusan sekolah. Mulai dari ujian kelulusan hingga rencana masuk perguruan tinggi.

Nah, bagi yang berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN), pastinya tak boleh melewatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan pelaksananaan seleksi masuk PTN tahun ini, baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Penting untuk diketahui, salah satu syarat bagi siswa untuk bisa mendaftar SMPTN maupun SBMPTN adalah dengan membuat akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dulu. Sementara beberapa tahapan dan persyaratan lainnya, bisa dicek melalui laman ltmpt.ac.id.

Melansir laman LTMPT, Senin (8/2/2022) memberitahukan registrasi akun LTMPT bagi peserta SNMPTN 2022 akan berlangsung pada 21 Januari sampai 15 Februari 2022. Sedangkan proses pendaftaran SNMPTN mulai 14-28 Februari 2022. Adapun hasil SNMPTN akan diumumkan pada 29 Maret 2022.

Jika tidak lolos SNMPTN, calon mahasiswa bisa mengikuti SBMPTN 2022. Proses registrasi akunnya pada 14 Februari sampai 17 Maret 2022. Lalu proses pendaftaran UTBK-SBMPTN akan berlangsung 23 Maret sampai 15 April 2022.

Sedangkan pengumuman kelulusan SBMPTN 2022 akan berlangsung pada 23 Juni 2022. Jika ingin ikut SNMPTN dan SBMPTN 2022, maka calon mahasiswa harus mempunyai akun LTMPT. Berikut cara mendaftar akun LTMPT untuk siswa.

Siswa dapat membuat akun tersebut melalui laman portal.ltmpt.ac.id. Setelah pembuatan akun, lakukan verifikasi data.

Cara Buat Akun LTMPT untuk SBMPTN 2022 :

  1. Siapkan dokumen pendaftaran, antara lain: Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP, Pas foto ukuran 4×6 dengan latar biru atau merah (ukuran foto 80 – 300 kb)
  2. Buka laman portal.ltmpt.ac.id
  3. Kemudian klik menu “Siswa”
  4. Isi NISN, NPSN, Tanggal Lahir
  5. Masukan emaildan password yang akan digunakan untuk login
  6. Lalu klik “Daftar” dan akan muncul notifikasi untuk aktivasi akun
  7. Buka email yang muncul pada Inbox atau kotak masuk. Cara aktivasi akun dengan klik tautan pada email aktivasi.
  8. Setelah akun aktif, lakukan login kembali ke laman portal.ltmpt.ac.id
  9. Pilih “Verifikasi Siswa” pada dashboardutama laman Portal LTMPT
  10. Periksa seluruh data yang tertera pada akun dan isi kolom data diri yang masih kosong
  11. Unggah pas foto dan sesuaikan agar wajah tampak jelas
  12. Setelah itu konfirmasi data. Cek keseluruhan data secara benar dan langsung dapat klik tombol “Simpan Permanen”
  13. Unduh Bukti Permanen dan simpan bukti tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427