Terkini

Indonesia Urutan Kelima Negara dengan Bencana Alam Terbanyak di Dunia Tahun 2023

Kalasela.id– Indonesia kembali harus menerima kenyataan pahit sebagai salah satu negara yang rawan bencana alam. Menurut laporan dari Centre for Research on the Epidemiology of Disasters (CRED) dalam 2023 Disasters in Numbers, Indonesia menduduki posisi kelima sebagai negara dengan bencana alam terbanyak di dunia.

Banjir Menjadi Bencana Alam Terbanyak di Indonesia

Meskipun secara global, gempa bumi di Turki dan Suriah menjadi bencana alam paling mematikan dengan korban jiwa mencapai 56.683 jiwa, di Indonesia, banjir masih menjadi momok menakutkan. Hingga awal Mei 2024, tercatat sudah 453 kejadian banjir di Indonesia, menjadikannya bencana alam terbanyak yang terjadi di Tanah Air.

Dampaknya pun tak main-main. Bencana alam di Indonesia sepanjang tahun 2024 ini telah menyebabkan 156 jiwa meninggal dunia, 14 orang hilang, 234 luka-luka, dan lebih dari 3,2 juta penduduk terpaksa mengungsi. Tak hanya itu, 22.011 rumah mengalami kerusakan, 341 fasilitas pendidikan, 249 rumah ibadah, dan 34 fasilitas kesehatan juga turut terdampak.

Faktor Geografis dan Cuaca Ekstrem Memperparah Keadaan

Indonesia memang terletak di kawasan yang rawan bencana alam. Letaknya di Cincin Api Pasifik menjadikannya rentan terhadap gempa bumi dan letusan gunung berapi. Terlebih lagi, Indonesia memiliki iklim tropis yang mudah mengalami cuaca ekstrem seperti hujan deras dan badai yang berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor.

Upaya Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana

Melihat kenyataan tersebut, pemerintah Indonesia perlu terus berupaya untuk meningkatkan mitigasi dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam. Salah satu langkah yang mitigasi yang penting adalah dengan membangun infrastruktur yang lebih tangguh bencana, seperti sistem drainase yang lebih baik dan rumah tahan gempa.

Masyarakat pun perlu mendapatkan edukasi dan terlibat dalam upaya penanggulangan bencana alam. Simulasi dan latihan evakuasi secara berkala sepertinya akan efektif untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Bencana alam memang tak terelakkan, namun dengan upaya mitigasi dan kesiapsiagaan yang baik, dampaknya dapat kita minimalisir. Mari bersama-sama bergandengan tangan untuk membangun Indonesia yang lebih tangguh bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427