Sejarah

Indonesia Tidak Pernah Dijajah Oleh Belanda Selama 350 Tahun

Rembang (Kalasela.id)-Sejak kecil mungkin sebagian besar dari kita sudah terbiasa mendengar bahwa Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun alias 3,5 abad. Namun jika dilihat dari bukti sejarah yang ada, Indonesia sebenarnya tidak pernah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun. Kok bisa?

Baca Juga: Dampo Awang : Cerita Rakyat Rembang yang Melegenda

Kedatangan VOC ke wilayah Nusantara

VOC alias kongsi dagang Hindia Timur adalah perusahaan belanda yang menjadi awal mula sejarah penjajahan di kawasan Nusantara (wilayah yang kini Indonesia). dibentuknya VOC adalah untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Nusantara sekaligus meminimalkan persaingan antar kongsi dagang yang terjadi saat itu.

Pertama kali VOC masuk ke wilayah Nusantara (sekarang Indonesia) adalah melalui Ambon. Meski menjadi pusat penghasil rempah-rempah, Ambon bukan termasuk jalur perdagangan yang stratagis. Oleh karena itu pada tahun 1610, VOC memindahkan markasnya ke Banten. Saat itu Pieter Both yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal VOC membeli sebidang tanah kepada Pangeran Wijayakarma di Ciliwung. Berselang 9 tahun, VOC yang dipimpin oleh J.P Coen menguasai kota seluruh Jayakarta dan membangun kota baru bernama Batavia.

Kekuasaan VOC di Nusantara

Batavia merupakan kota yang stategis berdasarkan aspek perdagangan. Di Batavia, VOC mengendalikan seluruh aktivitas perdagangannya di Asia. Pada masa kepemimpinan J.P. Coen, VOC semakin giat untuk menguasai Nusantara. Mulai dari membangun pusat perdagangan diberbagai daerah, mendirikan benteng, hingga melaksanakan sepenuhnya Hak Octroi yang ditawarkan oleh Pemerintah Belanda.

Hak Octroi yang diberikan oleh Pemerintah Belanda membuat VOC bukan lagi hanya sekedar kongsi dagang. Pasalnya dengan hak tersebut, VOC dapat membentuk angkatan perang sendiri, melakukan peperangan, mengadakan perjanjian dengan raja-raja setempat, hingga membuat mata uangnya sendiri. Semua kewenangan yang dimiliki VOC ini membuat, VOC lebih mirip seperti sebuah pemerintahan negara yang menguasai daerah jajahannya. Maka dari itu, sebagai besar dari orang tua terdahulu menganggap bahwa VOC alias kompeni adalah sebuah negara. Selain itu, karena VOC berasal dari Belanda maka orang-orang zaman itu menyamakan VOC dengan Belanda.

Fakta VOC dan Belanda Tidak Menjajah Indonesia Selama 350 Tahun

Jika Belanda dikatakan telah menjajah Indonesia selama 350 tahun maka seharusnya mereka sudah datang ke Indonesia sejak 1595. Namun faktanya, sejarah mencatat bahwa orang Belanda yang pertama kali mendarat di Nusantara alias Indonesia adalah Cornelis de Houtman pada 1596. Pada tahun tersebut tujuan kedatangan Cornelis de Houtman hanya untuk berdagang bukan untuk menjajah Indonesia. Cornelis de Houtman pun tidak dalam kapasitas mewakili Pemerintah Belanda.

Pada awal kedatangannya, Cornelis de Houtman tidak mendapat sambutan yang baik dari penguasa Banten karena dianggap arogan. Berpuluh hingga ratusan tahun setelah kedatangan orang Belanda pertama, tidak pernah ada satu orang pun yang mewakili Pemerintah Belanda untuk menjajah Indonesia. Bahkan VOC yang terkenal mendapatkan Hak Octroi dan dianggap banyak orang mewakili Pemerintah Belanda pun, tidak secara resmi mewakili Pemerintah Belanda untuk menjajah Indonesia.

Menurut catatan lain, Belanda baru menjajah wilayah di Nusantara secara resmi pada tahun 1800-an saat membentuk daerah otonomi yang dikenal sebagai Nederlands Indie atau Dutch East Indie. Istilah ini kemudian dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai Hindia Belanda. Sejak dijadikan sebagai wilayah jajahan, Belanda terus berupaya menguasai wilayah di Nusantara hingga menimbulkan banyak peperangan yang terjadi di seluruh penjuru Nusantara. Diantara banyak perang itu ada satu yang membuat Belanda menelan kerugian besar, yaitu Perang Diponegoro (1825-1830). Hingga tahun 1912 belanda masih berperang dengan kesultanan Aceh. Akhir perang besar 1912 itu, Belanda mengklaim telah menguasai seluruh wilayah Nusantara. Akan tetapi rakyat Aceh masih melakukan perlawanan secara sporadis terhadap Belanda hingga tahun 1942.

Jadi masih percaya Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427