BusinessLifestyle

Indonesia Pendengar Podcast Spotify Tertinggi di Asia Tenggara

Rembang, Kalasela.id -Spotify menyadari bahwa industri podcast di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Bahkan jika Anda mempertimbangkan podcast saat ini memiliki 456 juta pendengar di seluruh dunia, dengan Indonesia menjadi salah satu negara dengan pendengar terbanyak di Asia Tenggara dari total 183 negara.

Bahkan, podcast yang paling banyak didengarkan di Indonesia adalah podcast oleh kreator lokal dengan genre berbeda.

Konten Itu menurut hasil Spotify Wrapped 2022 yang menempatkan Rintik Sedu di urutan teratas sebagai podcast yang paling banyak didengarkan. Kemudian datang PODKESMAS, Apakah Anda melihat apa yang saya lihat? dan AGAK LAEN!, yang masing-masing menempati posisi kedua dan keempat, serta Vania Winola dengan podcastnya, Some Words. Dengan keberhasilan tersebut, Carl Zuzarte, Head of Spotify Studios Southeast Asia, berkomitmen untuk mendorong para kreator lokal untuk terus berkreasi dan berinovasi karena yakin pasar industri podcast akan terus berkembang di Indonesia.

Dihubungi secara terpisah, Rachel Cham, SEA Spotify Communications and PR Manager, menambahkan tentang strategi khusus yang digunakan Spotify untuk mempertahankan pengguna dan terus-menerus mengundang pengguna baru.

“Melalui Spotify Wrapped, Discover Weekly dan yang lainnya, kami memang coba mengintegrasikan data, otomatisasi, hingga emosi user. Spotify tidak sembarang menyarankan musik yang mungkin pengguna suka, namun menggunakan data untuk membuat rekomendasi itu secara personal, sehingga muncul sense of ownership pengguna, bukan terus-terusan berbicara soal brand, tapi justru kami memperhatikan kebiasaan mereka dan itu yang mendekatkan kami kepada para pengguna secara global,” jelasnya pada Bisnis, Jumat (2/12/2022).

Tentu saja, ini merupakan langkah besar Spotify untuk membedakan dirinya dari para pesaingnya. Spotify memungkinkan pengguna untuk membagikan musik favorit mereka, dan secara tidak langsung, pelanggan lebih cenderung terlibat dengan merek, menjadikan mereka “influencer gratis” untuk memperluas jangkauan pemasaran.

Selain itu, pihaknya juga selalu berinvestasi pada konten audio untuk memperluas keragaman genre dan keunikan kreator.

Seperti yang kita lakukan di momen spesial di akhir tahun ketika Spotify menghadirkan 8 episode video podcast khusus SOMETHING LAEN! dan 12 episode video podcast dari ANCUR Podcast, BKR Bersaudara, Rapot dan Cape Mikir bersama Jebung.

Podcast membawa pendengar kembali ke masa lalu dan mengingatkan mereka tentang apa yang membuat tahun ini begitu istimewa. Setiap episode menampilkan selebritas atau artis musik yang berbagi momen Terbungkus, jawaban atas topik hangat, tren terkini, dan cerita dari kehidupan pribadi mereka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button