PilihanTerkiniUmum

Instagram dan Inovasi Terbarunya: IG Reels

Jika kalian pengguna aktif Instagram pasti kalian sadar bahwa IG merilis fitur mirip dengan Tiktok. Fitur yang memungkinkan kita sebagai mengguna mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang dari IG Story namun lebih pendek dari IG TV. IG Reels.  Di dalamnya juga ada fitur untuk menambahkan sound, text, dan semacamnya. Persis Tiktok.

Ini bukan kali pertama IG merilis fitur yang mirip dengan aplikasi lain. Dulu sekali, IG hanya memiliki fitur upload gambar dengan fitur love dan komen. Fitur IG Story yang sekarang itu juga disebut-sebut menjiplak fitur Snapchat. Entah bagaimana proses kreatif di belakangnya, kemiripan itu tidak bisa disangkal. IG Story pun pada akhirnya sukses besar. Menjadi fitur digemari banyak penggunanya.

Apakah IG Reels akan mengulangi sukses yang sama?

Jawabannya, kemungkinan besar iya. Pengguna media sosial sudah semakin akrab dengan konsumsi video. Tembok besar sinyal, kuota, dan kapasitas perangkat telepon lambat laun mulai runtuh. Tikok sudah membuktikannya. Aplikasi asal negeri Tiongkok itu, pada April 2021 silam memiliki valuasi Rp878 triliun. Angka yang luar biasa. Penggunanya pun sudah jutaan, termasuk di Indonesia. Jadi bisa dikatakan IG Reels hadir diwaktu yang tepat.

Namun, perkara Tiktok akan tertinggal dari Instagram adalah perkara lain. Tiktok tersirat habis-habisan menjaga penggunanya tetap mencintainya dengan menstimulus para kreator dan penggunanya. Para kreator pun tak sedikit yang mendapat keuntungan dari adanya Tiktok. Jadi pertarungan keduanya patut disimak.

 

Gambar Header: Instagram Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button