Ikon Wattpad koleksi Pinterest

Hobi Menulis Fiksi, Manfaatkan Tiga Aplikasi Ini

Jadikan Imajinasi untuk menambah penghasilan

Menulis kisah fiksi menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk orang-orang yang suka berimajinasi. Cerita yang mereka tulis biasanya bercampur dengan pengalaman pribadi yang di dalamnya terdapat muatan emosi.

Di era kemajuan digital saat ini, publikasi cerita fiksi semakin mudah dan cepat dengan adanya perangkat seperti laptop maupun smartphone serta koneksi internet. Publikasi cerita fiksi saat ini bisa dilakukan di berbagai media sosial seperti Facebook dan Twitter, website, blogspot, hingga aplikasi maupun platform yang dirancang khusus sebagai wadah untuk menampung cerita.

Penulis yang mempublikasikan hasil karangannya akan memiliki sebuah kepuasan tersendiri apalagi jika mendapat komentar dan masukan untuk terus berkembang. Kegiatan menulis cerita fiksi di beberapa aplikasi tidak hanya sekadar meningkatkan skill menulis akan tetapi juga bisa menjadi jalan untuk mendapatkan penghasilan. Berikut ini tiga aplikasi yang dapat dipilih untuk publikasi karya fiksi sekaligus menambah penghasilan.

  1. Wattpad

Aplikasi Wattpad telah mendapat perhatian dan tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Melalui aplikasi ini, orang-orang tidak hanya sekadar dapat mempublikasi karya yang mereka buat tetapi juga dapat menikmati karya orang lain.

Sebagai aplikasi yang berfungsi untuk tempat merilis cerita, Wattpad mengembangkan fitur yang mereka miliki untuk membantu memberi dukungan kepada para penulis (Author) dengan adanya kolom komentar, like, dan rating yang diperoleh dari respon pembaca. Bentuk apresiasi tersebut terus dikembangkan oleh Wattpad dengan menambah fitur koin untuk membeli bagian cerita yang terkunci. Koin yang berhasil dikumpulkan oleh Author dapat ditukarkan menjadi nominal uang yang bisa dicairkan melalui rekening bank.

 

  1. Novelme

Kehadiran dari aplikasi Novelme merupakan wujud adanya distribusi karya fiksi yang semakin mudah. Para penulis di Novelme dapat menulis dan mempublikasi karyanya di mana saja dan kapan saja melalui smartphone yang mereka miliki. Serupa dengan Wattpad, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengapresiasi cerita yang dibuat oleh penulis. Fitur yang dimiliki Novelme di antaranya adalah like, komen, ikuti penulis, dan pemberian hadiah (gift). Hadiah yang bisa penulis dapatkan cukup beragam mulai dari benda-benda seperti bunga, pensil, dan sebagainya. Jumlah hadiah tersebut dapat diakumulasikan menjadi nomial uang. Tidak hanya hadiah, penulis juga dapat memperoleh uang melalui bagian cerita yang hanya dapat dibaca menggunakan koin.

 

  1. Noveltoon

Memiliki fungsi yang sama dengan dua aplikasi di atas, Noveltoon hadir sebagai wadah bagi para penulis mengenalkan karya mereka kepada masyarakat sekaligus memberikan jalan kepada masyarakat untuk memperoleh bacaan fiksi. Karya-karya yang diterbitkan dalam Noveltoon biasanya berasal dari berbagai genre akan tetapi genre yang paling ditonjolkan dalam aplikasi ini adalah romance. Penulis dan pembaca dapat berinteraksi melalui fitur chat yang disediakan oleh Noveltoon. Aplikasi ini juga memanfaatkan fitur koin untuk membaca bagian cerita yang masih terkunci. Koin tersebut menjadi penghasilan bagi para penulis.

 

Pada dasarnya ketiga aplikasi di atas memiliki fungsi dan tujuan yang sama yakni sebagai media publikasi dan sarana apresiasi bagi penulis. Para penulis yang rajin mengeksplore ide mereka akan dapat mengembangkan cerita dengan baik dan mendapatkan reward  atas kerja keras mereka menulis cerita. Kesempatan menarik juga bisa diperoleh penulis yang karyanya popular untuk diterbitkan dalam bentuk buku, bahkan beberapa PH akan mempertimbangkan untuk melakukan adaptasi cerita menjadi serial web, film layar lebar, hingga sinetron