RembangRembang Hari Ini

Harga Jual Garam Kering Capai Rp.5.500 /kg

Rembang,kalasela.id- Beberapa pekan ini menjadi berkah tersendiri bagi para petani garam. Pasalnya harga jual garam tembus Rp. 4000, – lebih, bahkan garam kering mencapai Rp. 5000,- lebih.

Sami Teguh salah seorang petani garam asal desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem mengaku bersyukur atas melejitnya harga jual garam. Bahkan sejak dulu berkecimpung di tambak garam , baru tahun 2023 ini harga tembus Rp.4.400,-.

 

“Harga jual alhamdulillah saat ini mencapai Rp.4.300,- sampai Rp.4.400,-. Berkah rejeki mas harga bisa bagus, dari saya kecil itu baru tahun ini harga segitu, ” ungkapnya.

Harapannya harga garam seperti ini bisa bertahan atau stabil paling tidak. Jangan sampai merosot ke harga Rp.500, – seperti 3 tahun lalu.

Saat ini , Sami sibuk menggarap tambak garam, seperti saat ditemui, Minggu siang (4/6/2023) sedang memperbaiki saluran air pada tambak garam di Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem. Selain memperbaiki saluran air, Sami juga setiap hari memanen garam.

 

“Alhamdulillah setiap hari panen, cuaca bagus mendukung sekali untuk tambak garam. Ini kita buat saluran air menuju ke tambak sebelah, nanti malam memasang terpal, ” ungkapnya.

 

 

Ia mengaku menggarap lahan tambak dengan luas sekitar 1 hektar. Tambak tersebut bukan miliknya, sistemnya bagi hasil dengan yang punya lahan tambak.

 

Sementara itu  Bagas Fajarudin salah satu pengusaha garam muda mengaku sangat bersyukur dengan harga jual garam yang bagus sejak bulan Maret kemarin. Terlebih dirinya yang baru saja menggeluti bisnis garam belajar dari sang ayah menjual garam kering.

“Garam kering paling tinggi kemaren Rp.5.500,- kualitas KW 1 dan untuk kwalitas KW 2 kemaren terakhir Rp. 5.200,-/

Sejak Maret kemarin dirinya sudah menjual kurang lebih 500 ton. Sedangkan saat ini lahan garamnya juga terus digarap. (Mcs/Yog)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427