TeknologiTerkini

Gangguan Pusat Data Nasional Diduga Akibat Serangan Ransomware

Rembang, Kalasela.id – Pakar menduga gangguan yang dialami Pusat Data Nasional (PDN), yang memengaruhi sejumlah layanan publik, disebabkan oleh serangan siber ransomware. Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC, Pratama Persadha, menjelaskan bahwa beberapa faktor dapat menyebabkan gangguan total seperti ini, antara lain gangguan suplai listrik, kerusakan server, gangguan koneksi internet, dan serangan siber seperti DDoS atau ransomware.

“Dari pola gangguan yang terjadi, kemungkinan besar masalah di PDN disebabkan oleh serangan siber dengan metode ransomware,” ujar Pratama dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (21/6). Dia juga mengingatkan bahwa serangan serupa pernah terjadi pada Bank Syariah Indonesia tahun lalu.

Jika gangguan ini disebabkan oleh serangan siber, resikonya tidak hanya mengganggu layanan publik tetapi juga berpotensi mengakibatkan kebocoran data pribadi.

Pratama menduga, jika masalah ini bersifat teknis, pemulihan tidak akan memakan waktu lama. Masalah suplai listrik atau koneksi internet seperti putusnya kabel fiber optik bisa segera diatasi.

“Jika terkena serangan DDoS, seharusnya penanggulangan tidak akan memakan waktu lama karena dapat diselesaikan dengan perangkat Anti-DDoS,” tambahnya.

Pratama menekankan pentingnya pengamanan kuat bagi PDN. Ia menyarankan agar setiap instansi pemerintah yang menggunakan PDN membuat Bussiness Continuity Plan (BCP) yang kuat agar tidak bergantung sepenuhnya pada infrastruktur PDN. Ia berharap kejadian ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengevaluasi dan meningkatkan keamanan PDN.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengakui gangguan tersebut dan mengatakan Kominfo tengah berupaya memulihkan layanan secara bertahap, memastikan kerja optimal untuk mempercepat pemulihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427