Terkini

Gaji Guru di Sejumlah Negara Mencapai Milyaran, Bagaimana Indonesia?

Kalasela.id– Pendidikan bukanlah sekadar pembelajaran di kelas, tetapi fondasi penting dalam membentuk masa depan sebuah bangsa. Di balik gemerlapnya kemajuan teknologi dan inovasi, terdapat para pahlawan yang setiap hari memahkotai anak-anak dengan ilmu pengetahuan: para guru. Namun, pertanyaan yang muncul adalah seberapa besar apresiasi yang kita berikan pada mereka? Dan bagaimana perbandingan kesejahteraan mereka dengan para pendidik di negara-negara lain? Mari kita telusuri seberapa besar gaji guru di sejumlah negara di dunia.

Gaji Guru di Negara OECD

Berdasarkan Kilas Pendidikan 2023 yang dirilis oleh Organization of Economic Cooperation and Development (OECD), Luxembourg menduduki posisi teratas dalam hal gaji guru. Dengan kualifikasi minimum, seorang guru di sana mendapatkan US$ 81.199,64 atau setara Rp1,3 Milyar per tahun.

Di urutan kedua dan ketiga, ada Jerman dengan gaji maksimum mencapai Rp1,8 Milyar per tahun dan Swiss dengan gaji maksimum Rp1,9 Milyar per tahun. Jauh di atas rata-rata gaji para pendidik di negara-negara OECD yang sebesar Rp834 juta per tahun.

Negara-negara tersebut menerapkan berbagai kriteria untuk menentukan gaji guru, seperti tingkat pendidikan, pengalaman, lokasi, biaya hidup, dan jenjang pendidikan yang mereka ajar.

Gaji yang Memadai, Menarik Minat Terbaik

Laporan OECD tersebut menyebutkan bahwa gaji menjadi salah satu faktor penting untuk menarik minat masyarakat dalam profesi tenaga pendidik. Di negara-negara OECD, pendidikan tersier umumnya menjadi syarat minimal untuk menjadi tenaga pendidik.

Dengan gaji yang setara dengan profesional lain, individu-individu terbaik akan lebih termotivasi untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan.

Namun, di beberapa negara seperti Chili, Hungaria, dan Amerika Serikat, gaji guru masih 65% di bawah profesional dengan kualifikasi setara.

Bagaimana dengan Indonesia?

Dibandingkan dengan negara-negara tersebut, gaji guru di Indonesia jauh lebih rendah. Rata-rata, guru di Indonesia hanya menerima Rp34 juta per tahun.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peraturan terkait gaji guru, yaitu Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2024 tentang Penyesuaian Gaji Pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2024 tentang Gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Gaji PNS Golongan I berkisar antara Rp1.560.800 hingga Rp2.901.400 per bulan, Golongan II antara Rp2.022.200 hingga Rp4.125.600 per bulan, Golongan III antara Rp2.579.400 hingga Rp5.180.700 per bulan, dan Golongan IV antara Rp3.044.300 hingga Rp6.373.200 per bulan.

Sementara itu, gaji PPPK Golongan IX, setara S1 atau Diploma IV, berkisar antara Rp3.203.600 hingga Rp5.957.800 per bulan, dengan penyesuaian berdasarkan masa kerja.

Selain gaji pokok, PNS dan PPPK juga mendapatkan sejumlah tunjangan, seperti tunjangan kinerja, suami/istri, anak, makan, jabatan, dan umum untuk PNS, serta tunjangan keluarga, pangan, jabatan struktural, jabatan fungsional, dan tunjangan lainnya untuk PPPK.

Meskipun gaji guru di Indonesia sudah mengalami peningkatan, namun masih tertinggal jauh dari negara-negara lain.

Bagaimana menurut kamu? Apakah gaji guru di Indonesia sudah cukup?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427