Fitur “Close Friends” Twitter Mulai Bisa Dicoba Hari ini

Pada Juli 2021, Twitter dikabarkan tengah menyiapkan fitur baru berupa daftar teman dekat yang mirip “Close Friends” di Instagram, yaitu “Trusted Friends”.

Berselang hampir satu tahun, tepatnya pada awal Mei 2022, jejaring sosial berlogo burung larry T Bird ini akhirnya mulai menguji coba fitur teman dekat, namun dengan nama yang berbeda yaitu “Twitter Circle”.

Kini, pantauan KompasTekno, Senin (30/5/2022), fitur close friends Twitter Circle itu terus diuji coba ke lebih banyak pengguna global, termasuk pengguna Twitter di Tanah Air.

Warganet Indonesia yang “beruntung” kebagian lebih awal, bisa menemukan fitur close friends Twitter Circle di situs web Twitter (twitter.com) atau di aplikasi Twitter berbasis Android maupun iOS.

Aplikasi Twitter di ponsel Android yang kebagian fitur Twitter Circle adalah versi 9.43.0-release.0. Perlu dicatat, fitur Twitter Circle ini masih dalam tahap uji coba. Jadi, fitur ini baru tersedia untuk sebagian pengguna Twitter saja. Bila tidak mendapatkanya, Anda harus bersabar hingga fitur Twitter Circle digulirkan secara resmi.

“Saat ini, kami masih menguji Twitter Circle dengan sekelompok orang di iOS, Android, dan Web secara global. Fitur ini belum diluncurkan secara luas ke semua orang karena kami masih mengumpulkan feedback (tanggapan balik)” kata Juru bicara Twitter Joseph Nunez, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Bisa pilih close friends hingga 150 orang

Serupa dengan fitur close friends di Instagram Stories, Twitter Circle memungkinkan pengguna mengunggah twit yang hanya bisa dilihat oleh teman terdekat atau orang pilihan saja.

Menurut pengalaman KompasTekno, saat mengeklik ikon “Compose Tweet” atau fitur untuk membuat tweet baru, baik di aplikasi atau situs web, kami langsung mendapatkan jendela notifikasi berbunyi sebagai berikut:

“Ingin berbagi dengan audiens yang lebih kecil? Twitter Circle memungkinkan Anda mengirim tweet hanya kepada orang yang Anda pilih”.

Bila ingin menjajal, pengguna bisa mengeklik pilihan “get started (memulai)”. Selanjutnya, pengguna akan melihat tiga poin deskripsi atau penjelasan terkait fitur Twitter Circle, seperti gambar di bawah ini.

Ilustrasi fitur baru Twitter Circle.

Pertama,Pengguna Twitter hanya bisa menambahkan maksimal 150 orang ke dalam daftar Twitter Circle. Hal ini berbeda dengan fitur Close Friends di Instagram Stories di mana pengguna bisa sebanyak-banyaknya menambahkan pengguna ke dalam daftar alias tanpa batas.

Kedua, pengguna bisa mengubah, termasuk menambahkan dan mengurangi Twitter Circle sesuai keinginan mereka. Pengguna lain tidak akan diberi notifikasi apabila mereka ditambahkan atau dihapus dari daftar Twitter Circle seseorang.

Ketiga, tweet yang dibagikan ke Twitter Circle hanya dapat dilihat dan direspons oleh orang yang ada di dalam daftar Twitter Circle.

Setelah membaca deskripsi tersebut, pengguna bisa langsung membuat daftar teman dekat Twitter Circle dengan menambahkan pengguna lain.

Nah, ketika ingin membagikan tweet baru, kini, sejumlah pengguna yang ikut dalam uji coba akan mendapatkan dua opsi audiens, yaitu “everyone” dan “Twitter Circle”.

Dua opsi ini terletak di menu “drop down” yang ada di atas keterangan “What’s happening?” ketika ingin menulis twit baru. Bila memilih opsi “everyone”, maka tweet pengguna bisa dilihat oleh seluruh pengikutnya (followers) bila akun bersifat privat, atau seluruh pengguna Twitter bila akunnya bersifat publik.

Namun bila memilih opsi “Twitter Circle”, maka tweet hanya akan dibagikan kepada orang-orang yang sudah dipilih sebelumnya. Apabila sudah diunggah, twit eksklusif tersebut bakal ditandai dengan ikon orang dengan simbol hati berwarna hijau di bagian bawah unggahan. Itu dia cara penampakan serta cara menggunakan fitur close friends Twitter Circle. Apakah kalian sudah kebagian fitur ini?