RembangRembang Hari Ini

Festival Tong-Tong Klek 2023 Selesai, Ini Daftar Para Juaranya

Rembang,kalasela.id – Berita Rembang, Festival tong- tong klek 2023 Hampir berlangsung 5 jam pada Minggu malam (16/4/2023). Sampai senin dini hari, Puluhan ribu orang menyaksikan langsung di sekitar alun- alun Rembang sambil duduk.

Setiap peserta tampil maksimal selama 10 menit yang juga menjadi batas waktu maksimal dari panitia. Masing- masing grub tong- tong klek membawakan satu lagu wajib “Ayo Sahur” dan satu lagu pilihan yang diantaranya Sluku- sluku bathok dan Kelayung- layung.

Setelah ke 17 peserta tampil, akhirnya panitia mengumumkan para juaranya. Mbah Joget grup tong-tong klek dari Desa Sendangasri Kecamatan Lasem keluar sebagai juara pertama festival tong-tong klek 2023 tingkat kabupaten Rembang tahun 2023.

Mbah Joget berhasil menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan nilai 1.530. Kemudian disusul New Ganendra dari Desa Gegunung Kulon Kecamatan Rembang sebagai juara kedua dengan nilai 1.500, di posisi juara ketiga Sagalang grup dari Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang.

Baca Juga : Tol Demak-Tuban mengancam 37 Desa di Rembang, Kecamatan Pamotan Jadi Paling Banyak Terdampak

Juara harapan 1 grup bernama Cah Mboleong perwakilan Kecamatan Sulang, nilainya 1.270. Juara Harapan 2 grup Regent perwakilan kecamatan Sarang dengan nilai 1.125 dan juara harapan 3 Gondorase grup dari Kecamatan Kaliori yang berhasil mendapat nilai 1.100.

Pemilik sanggar Mbah Joget , Toyo tak menyangka bisa menjadi juara, karena menurutnya peserta yang lain juga tampil bagus.

Juara tersebut menjadi jawaban atas kerja keras seluruh anak- anak sanggar Mbah Joget.

“Latihannya 2 minggu alhamdulillah,¬† membawakan lagu ayo sahur dan sluku – sluku bathok. Tema kita nusantara kita kemarin, ” ungkapnya.

Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Barro’ mengatakan bahwa festival tong-tong klek 2023 ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab terhadap seni dan budaya. Kegiatan yang sudah bertahun- tahun secara rutin digelar ini diharapkan dapat memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Memberikan hiburan kepada masyarakat kabupaten Rembang, hiburan yang baik tentunya dan memberikan manfaat untuk kita semua. Termasuk bagi penjual dan pelaku UMKM insyaAllah semua¬† dagangannya ludes, ” ungkapnya.

Terkait hadiah , ada tambahan dari Bupati Rembang H.Abdul Hafidz sebagai wujud apresiasi bagi para peserta yang antusias telah mengikuti festival ini. Bagi juara 1 menerima Rp 3,5 juta, juara 2 Rp. 2,5 juta, juara 3 Rp.1,5 juta juara harapan 1 sampai harapan 3 sama- sama mendapatkan hadiah Rp. 1,5 juta. Sedangkan bagi mereka yang belum berhasil menjadi juara, mendapatkan uang pembinaan. (Mcs/Yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button