HUT Rembang 281RembangRembang Hari Ini

Menanam Mangrove Bersama Forum Anak Beasiswa (Fabs) Rembang

Tim Kalasela mengikuti kegiatan menanam Mangrove dari Forum Anak Beasiswa (Fabs) Rembang Sabtu (16 /7) kemarin. Acara diselenggarakan di Hutan Mangrove Jembatan Merah bibir pantai dukuh Kaliuntu.

Puluhan peserta dari Fabs dan di dampingi warga sekitar menanam kurang lebih 600 bibit tanaman Mangrove. Bagi warga lokal, kegiatan ini bukan yang pertama kali. Sebagai kawasan wisata dan konvervasi mangrove kegiatan semacam ini cukup penting, mengingat ancaman abrasi dan gelombang pasang bisa terjadi kapan saja.

[Best_Wordpress_Gallery id=”2″ gal_title=”Menanam Mangrove”]

Kami semua turun ke bibir pantai selepas Ashar, menunggu air laut tak begitu pasang. Sore itu cuacanya sempurna. Mendung berawan, sedikit air dan tanpa hujan. Sehingga kami bisa menancapkan seluruh bibit yang sebelumnya dibawa.

Di sela-sela menanam, Wachana Ari Purwanto, Ketua Kelompok Tani Sido Dadi Maju Dukuh Kaliuntu menceritakan pengalamannya tentang mangrove. Tentang bagaimana banyak orang mulai melakukan penelitian di sana, mulai memperhatikan tumbuhan mangrove di sana. Sesekali beliau menyebutkan organisasi dan instansi mana yang ambil bagian dalam terciptanya kawasan hutan mangrove, sembari menunjukkan lokasinya.

Beliau juga bercerita panjang tentang tumbuhan mangrove, perjalanan konvervasi di sana, dan bagaimana mangrove mengubah wajah desa dengan potensi wisata dan perlindungan nyata dari ancaman rob dan abrasi.

Sore itu kami semua basah, kami semua lelah. Tapi apa yang telah kami lakukan bisa berbuah manis di masa depan. Untuk Rembang yang lestari, untuk Rembang yang lebih baik lagi.

 

Tim Liputan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button