Lifestyle

Dosa Besar Hiruzen Sarutobi

Rembang, Kalasela.id – Bagi penggemar serial anime Naruto, nama Hiruzen Sarutobi sudah pasti tidak asing lagi. Hiruzen Sarutobi adalah Hokage Ketiga yang memimpin desa Konoha setelah perang shinobi yang menewaskan Hogake Kedua. Diantara para Hokage dalam serial Naruto, Hiruzen adalah Hokage yang paling lama menjabat. Bahkan ia kembali menjabat sebagai Hokage setelah kematian Hokage Keempat, Minato Namikaze.

Meskipun ia terkenal sebagai seorang guru hebat dan karakter penting, beberapa penggemar justru menyoroti dosa besar Hiruzen Sarutobi selama menjadi Hokage.

Berikut adalah beberapa dosa besar Hiruzen Sarutobi yang tersusun dari berbagai ulasan penggemar serial anime Naruto.

1. Korupsi Harta Warisan untuk Naruto

Seperti diketahui, Naruto adalah anak dari Minato Namikaze yang menjabat sebagai Hokage Keempat. Sebelum kematiannya, Minato dan Kushina sempat mempercayakan Naruto kepada Hiruzen dan ia menyanggupinya.

Namun yang terjadi adalah Naruto yang mewarisi kekayaan Hokage Keempat, hidup sendirian di lingkungan kumuh tanpa kasih sayang dari penduduk desa termasuk Hiruzen.

Padahal seharusnya sebagai anak Hokage Keempat setidaknya ia berhak untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak. Fakta ini membuat sebagian penggemar Naruto percaya bahwa Hiruzen melakukan tindakan korupsi terhadap uang warisan yang seharusnya diterima oleh Naruto.

2. Tidak Tegas terhadap Danzo

Sebagai Hokage, Hiruzen harus bertindak tegas terhadap siapapun yang mengganggu dan melanggar aturan Konoha. Namun karena alasan emosional, Hiruzen justru diam saja dan sepertinya setuju dengan Danzo yang mengatur sisi gelap Konoha.

Respon diam dari Hiruzen memberi Danzo kesempatan untuk melakukan kejahatan apapun atas nama desa. Danzo bahkan membentuk tim anbunya sendiri yang tak jarang merugikan desa Konoha.

3. Nepotisme Pemilihan Hokage Keempat

Pemilihan Minato Namikaze untuk menggantikannya sebagai kepala desa merupakan keputusan yang kontroversial. Saat itu, Minato masih tergolong muda, meski memiliki prestasi besar di dunia shinobi. Saat itu pula Minato memiliki istri seorang Jinchuriki, yang dianggap sebagai kekuatan desa. Keputusan memilih Minato dipandang sebagai tindakan untuk melanggengkan pengaruhnya terhadap Konoha. Keputusan ini pun membuat marah  Danzo yang saat itu memiliki ambisi kuat menjadi Hokage, dan menjadi bibit kekacauan di Konoha.

4. Gagal Mengatasi Rencana Kudeta Klan Uchiha

Hiruzen gagal karena sebagai Hokage terlalu lunak pada klan Uchiha. Kita tahu bahwa klan Uchiha selama pemerintahan Hokage Kedua dikucilkan dan diasingkan dari desa. Hal ini tak lepas dari permasalahan di masa lalu yang melibatkan Madara Uchiha.

Namun saat Hiruzen memimpin ia terlalu lembut sehingga tak mengambil tindakan untuk mengatasi rencana kudeta klan Uchiha. Akibatnya, Itachi Uchiha yang saat itu menjadi anggota Anbu terpaksa mengambil tindakan sendiri untuk membunuh keluarganya demi kepentingan Konoha.

5. Berambisi jadi Hokage Selamanya

Hiruzen adalah hokage yang paling lama menjabat di desa Konoha. Meskipun ia sempat mengundurkan diri, namun ia kembali memimpin desa setelah kematian Hokage Keempat. Banyak yang menilai mundurnya Hiruzen dari posisi Hokage hanya sebagai cuci tangan atas kekalahan Konoha dalam Perang Shinobi ke-3.
Jika ia tidak meninggal oleh Orochimaru yang membuat kerusakan saat ujian Chunin, Hiruzen mungkin akan menjabat sebagai Hokage sampai era Boruto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button