RembangRembang Hari Ini

Ditpolairud Lakukan Aksi “CKB” (Cek Kesehatan Berlayar) Bagi Nelayan Rembang

Rembang, Kalasela.id – Berita Rembang, Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng membuka posko Cek Kesehatan Berlayar (CKB) bagi para nelayan yang hendak melaut paska libur lebaran.

Cek Kesehatan Berlayar bertujuan mengurangi angka kejadian nelayan sakit yang dapat berujung kematian.

Posko tersebut sudah dibuka bersamaan dengan Operasi Ketupat Candi (OKC) di daerah yang memiliki jumlah nelayan tinggi seperti Pati, Pekalongan, Tegal dan Rembang.

Bertempat di Aula kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Tasik Agung Rembang, Ditpolairud disambut oleh Yunus Kepala Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Rembang pada Rabu (10/5).

Dilansir dari beritamerdekaonline, Yunus menyatakan memang kesadaran Nelayan di wilayah Rembang masih sangat rendah. Dengan adanya kegiatan ini pihaknya menyambut Positif. Giat ini dihadiri Ketua Kelompok nelayan, pemilik kapal, unsur kemaritiman dan lain-lain.

Yunus juga menyatakan bahwa kerja sama unsur kemaritiman menjaga pelabuhan sudah terjalin dengan baik, diantaranya bentuk giat patroli bersama, antisipasi kebakaran kapal, keselamatan berlayar dan lain-lain.

CKB dilaksanakan didasari beberapa Kejadian.dilaut, ada 180 kasus paling banyak MD karena sakit melaut, semoga dengan adanya giat ini, resiko terkurangi.

Diinformasikan juga data TW 1 tahun 2023 orang/nelayan MD diatas Kapal dikarenakan sakit masih berjumlah 30 orang.

Pendirian POSKO CKB (Cek Kesehatan Berlayar) ini sungguh memberi dampak bagi Nelayan, minimal tidak memaksakan diri melaut untuk mencari ikan disaat kondisi Nelayan sakit.

Bahkan sia sia di tengah lautan. Ketua Paguyuban Nelayan Rembang H Romy juga mengusulkan dibuat pos terpadu di pintu keluar Dermaga TPI Tasik Agung, sehingga begitu nelayan mau berangkat langsung dapat di Cek Kesehatannya.

Ditpolairud Kbp Hariadi, Sik, MH mengharapkan apa yang telah dilakukan di Satpolaires Rembang ini, segera diikuti jajaran pesisir lainnya, Ditpolairud berharap pasca lebaran ini sebagai moment penting titik awal nelayan melaut, sehingga korban MD meninggal diatas Kapal tahun 2023 ini terkurangi.

Kasat Polair Rembang AKP Sukamto terus akan turun kebawah senantiasa mengajak Nelayan untuk cek kondisi tubuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button