Terkini

Daftar 8 Kementerian/Lembaga dengan Anggaran Terbesar pada 2024

Rembang, Kalasela.id – Pemerintah telah menetapkan alokasi belanja kebijakan/kelembagaan (K/L) senilai Rp1.077,2 triliun untuk belanja politik dan kelembagaan (K/L) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024. Dari jumlah tersebut, alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) paling besar yakni Rp 147 triliun.

Menurut Kementerian Keuangan (Kemenkeu), anggaran sebesar itu akan digunakan untuk membangun infrastruktur konektivitas dan layanan dasar. Selain itu, anggaran tersebut diharapkan dapat mempercepat pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, serta pembangunan ibu kota negara (IKN) nusantara.

Urutan kedua adalah Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dengan alokasi Rp. 135,4 triliun pada tahun 2024, sedangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan mendapat alokasi Rp. 114,8 triliun tahun depan.

Urutan keempat adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Pada alokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebesar Rp97,7 triliun.

Lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp90,3 triliun.

Kementerian Sosial (Kemensos) memperoleh alokasi anggaran sebesar Rp79,2 triliun. Di bawahnya ada Kementerian Agama (Kemenag) dan Kemenkeu dengan alokasi anggaran masing-masing sebesar Rp72,2 triliun dan Rp48,4 triliun.

Di sisi lain, ada lima lembaga dengan alokasi anggaran terendah sebesar Rp0,1 triliun. Kelima lembaga tersebut adalah Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU ), dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button