TeknologiUmum

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Koneksi Internet

Apakah laptop atau ponsel Anda sedang terhubung WiFi tapi tidak ada koneksi internet? Jika ya, jangan khawatir karena terdapat berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Internet kini menjadi salah satu kebutuhan dalam hidup kita.Sehari saja tidak ada internet, pikiran kita pasti akan pusing dan stres.Maka dari itu, kini hampir di semua rumah dilengkapi jaringan Wi-Fi.

Memang cukup menyebalkan apabila gadget yang tampaknya bisa terhubung ke WiFi, tapi ternyata justru tidak bisa digunakan untuk browsing akibat koneksi internetnya tidak ada. Penyebab permasalahan WiFi tidak ada internet ini bermacam-macam.

Misalnya karena terjadi gangguan jaringan internet akibat cuaca yang buruk, seperti hujan badai. Kemudian, permasalahan WiFi tidak ada internet bisa disebabkan karena perangkat router WiFi terdapat gangguan sehingga tidak bisa menyebarkan koneksi internet.

Selain itu, permasalahan WiFi tidak ada internet juga bisa terjadi karena gadget Anda yang mengalami gangguan dalam menerima koneksi internet yang disebarkan WiFi. Jika sudah terjadi permasalahan ini, lantas bagaimana cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada koneksi internet? Berikut KompasTekno rangkumkan cara mengatasi WiFi no internet.

1.Restart router

Router atau modem merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyebarkan koneksi internet ke berbagai gadget melalui jaringan nirkabel yang bernama WiFi. Anda bisa mencoba untuk menyalakan kembali atau restart router.Caranya matikan router Anda dengan menekan tombol power yang biasanya berwarna hitam dan berada di bagian punggung perangkat.

Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu tekan kembali tombol tersebut untuk menyalakan router.Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan. Reboot router Apabila sudah melakukan cara di atas tapi WiFi tetap tidak ada koneksi internet, Anda bisa mencoba untuk melakukan reboot atau memulai kembali pada router atau modem. Secara fungsi.

2.Reboot router
hampir sama dengan restart router, yakni memulai kembali perangkat. Bedanya, restart router dilakukan dengan menekan tombol fisik power yang ada di router atau modem. Sedangkan, reboot router dilakukan dengan masuk ke pengaturan router melalui alamat IP (Internet Protocol) via browser.Router atau modem di Indonesia yang disediakan oleh operator layanan internet mayoritas dari merek ZTE/Huawei dengan alamat IP antara 192.168.0.1 atau 192.168.1.1.Masukkan alamat tersebut di kolom pencarian situs dari browser Anda.

Masukkan username dan password yang pada umumnya menggunakan kata “Admin” untuk login ke pengaturan router. Setelah berhasil masuk halaman awal pengaturan router, klik menu “System Tools” lalu klik opsi “Reboot”.

3.Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada gadget
Selanjutnya, cara mengatasi persoalan WiFi terhubung tapi tidak ada koneksi internet adalah dengan mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada gadget. Cara ini bisa dilakukan untuk menghubungkan kembali koneksi internet WiFi yang tiba-tiba hilang di gadget.Anda bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di ponsel atau laptop. Kemudian tunggu beberapa saat, lalu hubungkan kembali gadget Anda dengan WiFi.

Selain mematikan WiFi, Anda juga bisa mengaktifkan fitur airplane mode yang ada di ponsel atau laptop.Fitur itu bisa berfungsi untuk memutus secara cepat segala koneksi internet termasuk yang berasal dari WiFi.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan airplane mode di laptop atau ponsel pada umumnya sama seperti cara menyalakan dan mematikan WiFi.Untuk laptop Windows 10, Anda bisa mengakses menu daftar WiFi di taskbar. Setelah itu, klik ikon pesawat terbang untuk mengaktifkan airplane mode. Sedangkan di ponsel dengan sistem operasi Android atau iOS, cara mengaktifkan airplane mode cukup mudah.

Anda bisa gulir layar dari atas ke arah bawah untuk mengakses menu pusat pengaturan cepat. Selanjutnya, klik ikon pesawat terbang yang biasanya secara default berada di menu tersebut.Setelah Anda klik ikon tersebut, baik di laptop maupun ponsel, jaringan WiFi Anda biasanya bakal otomatis dinonaktifkan. Setelah itu, tunggu sekitar 30 detik, lalu nonaktifkan aiplane mode dengan klik ikon pesawat lagi.

4.Update driver adaptor WiFi pada laptop
Selain dari masalah di perangkat router, bisa jadi permasalahan WiFi tidak ada koneksi internet disebabkan karena driver adaptor WiFi pada laptop Anda sedang bermasalah atau butuh diperbarui.Penyebab ini biasanya ditandai dengan laptop tidak bisa mendapat koneksi internet dari WiFi.

Sedangkan, gadget yang lain masih bisa mendapat koneksi internet dari WiFi dengan lancar. Anda bisa mencoba untuk memperbarui driver adaptop WiFi yang ada di laptop.Apabila Anda menggunakan laptop Windows 10, caranya klik ikon Windows, kemudian masukkan kata kunci “Device Manager” di kolom pencarian. Setelah itu, klik opsi “Network Adapter” kemudian klik kanan dan pilih opsi “Update Driver”.

5.Hidupkan Mode Pesawat
Cara lain yang bisa kamu lakukan saat tidak bisa mengakses internet adalah dengan menghidupkan mode pesawat atau airplane mode.Hidupkanlah ‘Mode Pesawat’ untuk beberapa menit, kemudian matikan kembali.Cara ini bisa digunakan di PC dan smartphone.

6.Mengganti DNS dengan Google Public DNS
Kenapa WiFi tidak ada internet padahal sudah me-restart router atau modem?Sebagai alternatif solusi, kamu bisa mengganti DNS dengan DNS Google Public
Berikut adalah cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet dengan mengganti DNS:

    1. Bukalah ‘Control Panel’.
    2. Kemudian, pilihlah menu ‘Jaringan dan Internet’.
    3. Kliklah nama Wi-Fi yang terhubung untuk membuka jendela informasi.
    4. Setelah itu, pilihlah ‘Properties’ lalu pilih RCP/IPV4.
    5. Pilihlah ‘Gunakan Alamat DNS Berikut’ pada jendela IPV4.
    6. Ketik alamat Google dan klik ‘OK’.
    7. Lakukanlah proses yang sama untuk IPV6.
    8. Setelah itu restart router atau modem untuk memeriksa jaringan.

Apabila cara di atas semua sudah dilakukan, tapi persoalan WiFi tidak ada internet masih belum teratasi, Anda bisa menghubungi operator layanan internet langganan Anda agar bisa mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi lebih lanjut. Demikian cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada koneksi internet, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button