LifestyleTips & Trik

Cara Mudah Mengatasi Anak Susah Tidur Usia 1 – 3 Tahun

Mengatasi Anak Susah

Rembang, Kalasela.id – Alasan anak susah tidur karena kurangnya waktu tidur siang atau masih mengajak bermain di siang hari. Setelah melewati jam tidur siang pastinya akan membuat kesulitan anak untuk tidur. Rentan waktu normal anak tidur siang Pukul 11.00 – 15.00 WIB ( 3 – 4 jam ). Pastikan waktu tidur siangnya tercukupi.

Anak susah tidur di siang hari adalah masalah yang sering di alami orang tua. Pekerjaan orangtua yang di wajibkan lembur malam seperti di Bank. Sehingga membuat orangtua eksrta kerja yang cukup merepotkan. Padahal jika di biarkan berlarut – larut dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak baik dari sisi fisik  seperti mudah kelelahan, merasa lemas maupun sisi mental seperti belajar mengajar dalam menangkap pendengaran,  menulis,  berbicara mengalami penurunan.

Berikut cara mengatasi anak susah tidur saat siang hari yang bisa dilakukan orangtua :

  1. Membuat jadwal rutinitas sebelum tidur

Rutinitas sebelum tidur rata – rata bermain mainannya  4 – 5 jam sebelum tidur siang. Dengan membuat jadwal rutinitas tidur siang pukul 11.00 – 15.00  setiap harinya yang berulang – ulang dapat mencegah mengalami kesulitas tidur siang.

  1. Membuat suasana tidur yang tepat

Orang tua dapat menciptakan suasan tidur yang tepat dengan cara mengatur suhu kipas angin / AC dalam kamar, intensitas Cahaya yang masuk dari ventilasi udara dan terakhir intensitas suara di  dalam dan di luar kamar karena suara bising yang membuat anak sulit tidur.

  1. Mengenal tanda -tanda anak mengantuk

Sekitar rentan pukul 11.00  – 11.30 WIB apabila anak sudah menguap, meregangkan tubuh dan mencari tempat yang empuk atau nyaman segeralah tempatkan anak di tempat tidurnya dan relaksasikan tubuh anak dengan tepat dan nyaman.

  1. Mempersiapkan susu bayi saat terbangun

Beberapa kasus anak sudah terbangun dari awal jadwal yang di perkirakan, karena lapar dan terbangun segera berikan susu botol yang masih ada di genggaman anak, apabila susu mau habis segera siap siaga dalam membuat susu botol agar dapat tidur Kembali.

  1. Jangan mengajak anak bermain berlarut -larut

Ketika anak mau tidur di siang hari, jangan mengajaknya bermain yang berlarut – larut seperti di kamarnya ada boneka yang digambarkan percakapan saling mengobrol membuat anak nyaman dan lebih berinteraksi. Dapat di ganti dengan menyanyikan lagu yang nuansa tidur atau lantunan Al -Qur’an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button