TeknologiTips & Trik

Cara Memperbaiki Mouse Yang Suka Double Click Sendiri

Rembang, Kalasela.id – Teknologi, Tidak diragukan lagi kalau cukup menjengkelkan ketika ada sesuatu yang salah dengan komputer kamu. Mungkin layar kamu bermasalah, atau semuanya terlalu lambat. Atau, mungkin mouse kamu yang bermasalah, terutama dengan masalah double click atau klik dua kali yang cukup sering dialami oleh para pengguna komputer.

Ketika kamu mengklik sekali saja, mouse kamu malah klik dua kali dan hal ini nyala dengan waktu yang berbeda-beda. Mungkin saja kamu berpikiran kalau memang mouse kamu ada kerusakan sehingga seperti ini, namun masih ada banyak teori tentang mengapa ini terjadi, tidak hanya rusak. Beberapa alasan di balik kesalahan ini tentunya ada sebuah solusi untuk menyelesaikannya. Langsung saja simak caranya untuk mencegah masalah Double Click pada mouse kamu.

ATUR KECEPATAN DOUBLE-CLICK MOUSE KAMU


Sebelum kamu memutuskan untuk membuang mouse kamu, mungkin yang terbaik adalah melihat apakah masalah yang menyebabkan mengklik dua kali ada hubungannya dengan pengaturan kecepatan mengklik mouse. Mungkin pengaturannya membuat klik terlalu sensitif. Jika kamu pengguna Windows 10 dan mengalami masalah ini, yuk cek langkah-langkahnya dibawah ini:

> Buka Setting (Shortcut Windows + I)
> Pilih Device, lalu ke Mouse
> Di Related Settings, pilih Additional Mouse Options
> Akan muncul windows Mouse Properties, ke tab Buttons, lalu cari opsi Double-Click speed
> Atur kecepatannya sesuai dengan yang kamu inginkan, lalu klik OK

Lalu cobalah apakah Double-Click nya masih bermasalah atau tidak. Jika tidak, cobalah beberapa solusi lainnya.

DISABLE ENHANCE POINTER PRECISION

Selagi kamu lagi berada di Mouse Properties, kamu dapat melakukan hal lainnya disini untuk mengatasi masalah Double-Click. Masuk ke tab “Pointer Options”, lalu di opsi Motion ada “Enhance Pointor Precision”, uncheck di bagian checkbox-nya. Ketika kamu mematikan fitur ini, mungkin mouse kamu akan terasa kurang sensitif dan mungkin bisa menjadi solusi untuk Double-Click kamu.

BERSIHKAN MOUSE KAMU


Jika cara sebelumnya masih belum bisa, mungkin cara ini bisa menjadi solusi buat kamu. Kamu harus coba lihat mouse kamu, terutama di bagian kamu klik dan lihatlah apa ada setumpukan debu disana apa tidak. Setiap penumpukan yang berlebihan dapat mengganggu internal mouse kamu dan menyebabkannya terus-menerus mengklik dua kali, atau mengklik dengan tidak benar. Bersihkan menggunakan kapas, tekanan udara, dan alat serupa untuk menghilangkan kotoran yang ada.

CEK BATERAI ATAU INTERFERENSI


Penyebab lain mouse Double-Click pada satu klik adalah komunikasi yang buruk antara mouse dan komputer kamu. Ini biasanya terjadi karena salah satu dari dua alasan: baterai sekarat, atau interferensi. Ini adalah kedua masalah yang unik untuk mouse wireless. Jika mouse kamu menggunakan baterai, coba ganti baterainya, karena perangkat apa pun dapat berperilaku tidak semestinya saat dayanya hampir habis.

Jika baterau kamu tidak bermasalah, mungkin ada interferensi yang menyebabkan komunikasi antara komputer dan mouse kamu bermasalah secara wireless. Coba bawa mouse kamu lebih dekat dengan komputer kamu, dan pastikan USB receiver kamu jauh dengan logam atau material yang bisa menghalang sinyal wireless.

REINSTALL DRIVER MOUSE


Cara yang satu ini terkadang bisa menyelesaikan masalah Double-Click jadi mungkin kamu boleh coba. Kamu dapat mencoba install ulang driver mouse kamu dengan cara ke tekan Windows + X, lalu ke Device Manager. Extend Mice and Other Pointing Devices, cari nama mouse kamu, klik Uninstall Device, Confirm, dan restart komputer kamu. Perlu diketahui bahwa kamu harus restart komputer kamu tanpa mouse. Untungnya hal ini tidak terlalu sulit. Kamu cukup pencet Alt + F4, atau Windows + R, lalu ketik shutdown /r untuk restart.

COBA MOUSE LAIN


Jika kamu telah melakukan semua langkah di atas dan mouse kamu masih mengklik dua kali sepanjang waktu, berarti mouse kamu sudah bermasalah. Untuk mengujinya, coba colokkan mouse kamu saat ini ke komputer lain, atau sambungkan mouse lain ke komputer komputer saat ini. Jika mouse kamu terus bermasalah di komputer lain, kemungkinan besar mouse kamu sudah rusak. Jika kamu mencoba mouse lain di PC kamu dan tidak ada masalah, itu pertanda lain bahwa mouse asli kamu rusak.

Namun, jika mouse asli berfungsi dengan baik di komputer kedua, atau mouse kedua memiliki masalah yang sama di komputer asli kamu, kamu mungkin memiliki software atau sesuatu yang mengganggu operasi normal mouse kamu. Lihat melalui software yang kamu install di Setting> Aplikasi> Apps dan hapus instalan apa pun yang tidak kamu kenali atau yang ada hubungannya dengan kontrol mouse.

Sekian tips tips dari tim kalasela.id untuk mengatasi mouse kamu suka double click sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427