TeknologiTips & TrikUmum

Cara Melindungi Akun Instagram dari Hacker

Instagram secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone di mana pengguna dapat membidik, meng-edit dan mem-posting foto atau video ke halaman utama Instagram dan jejaring sosial lainnya. Foto atau video yang dibagikan nantinya akan terpampang di feed pengguna lain yang menjadi follower Anda.

Instagram merupakan platform yang berfokus pada berbagi foto dan video ,Instagram makin meroket popularitasnya hingga mampu disamakan dengan Facebook dan Twitter.

Aplikasi Instagram menjadi tempat tepat untuk membagikan foto dan video yang kita inginkan dan bisa dilihat secara public. Namun platform ini juga berisiko terhadap privasi dan keamanan pemilik akun.

Agar bermedia sosial tetap aman dan mencegah akun dibobol hacker, setiap pengguna wajib mengetahui cara mengamankan akun Instagram sehingga media sosialmu tidak dapat dengan mudah disadap.

Instagram sudah melengkapi fitur pengaman agar akun pengguna lebih terlindungi. Berikut cara terbaik melindungi akun Instagram Anda dari Hacker yang dapat Anda lakukan.

  1. Gunakan password yang kuat dan ubah berkala
    Apakah kita memerlukan password panjang hingga 30 kata? Tidak semuanya begitu kok, cukup menggunakan sejumlah karakter 10 sampai 15 saja mereka tidak tahu apa isi kata sandi anda. Terlebih lagi jika kalian menggunakan simbol dalam penulisan password nantinya akan lebih terlindungi dengan baik.
    Memiliki password atau kata sandi yang lemah adalah incaran empuk bagi hacker untuk meretas akun. Untuk itu, pilih password unik dan buat berbeda dengan akun media sosial lainnya.Dengan trik ini, peretas akan lebih sulit mendapatkan akses ke semua akun Anda.Password yang kuat adalah panjang dan kompleks–terdiri atas campuran huruf besar dan kecil, terdapat angka, simbol, serta tidak ada hubungannya dengan informasi pribadi seperti tanggal lahir.Setelah menemukan kata sandi yang kuat, periksa dengan How Secure Is My Password (Seberapa Aman Kata Sandi Saya) yang akan memberi tahu apakah password Anda cukup kuat untuk membentengi peretasan.
  2. Aktifkan two-factor authentication
    Two-Factor Authentication (2FA) adalah otentikasi dua faktor. Sederhananya verifikasi dua langkah. Fitur keamanan ganda yang dapat melindungi akun online Anda dari aneka peretasan digital, selain kata sandi atau password.Setiap kita membuka atau login menggunakan perangkat berbeda maka fitur ini akan bekerja, anda harus memasukan kode unik berjumlah 6 digit untuk melakukan proses verifikasi bahwa itu anda yang memegang akunnya.Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor di Instagram, buka Settings (Pengaturan) > Keamanan (Security) > ketuk Otentikasi Dua Faktor.Selanjutnya ketuk Get Started (Memulai), Anda akan memiliki dua opsi untuk dipilih: Authentication App (recommended) and Text Message.
  3. Mengamankan Dengan Email
    Konfirmasi ini bertujuan untuk pengamanan juga namun dari segi otentik saja. Disini anda memerlukan alamat email bisa Gmail, Yahoo, Bing, atau lainnya dan jangan lupa untuk selalu mencantumkan nomor telepon.karena jika kalian ingin mereset password atau anda tidak bisa login maka alamat email dan nomor ponsel lah yang dapat membantu anda.Jangan lupa juga, seringlah mengcek email Anda karena setiap perubahan seperti kata sandi, nomor telepon, dan lainnya yang terjadi di media sosial akan dinotifikasi ke alamat email Anda.
  4. Hapus akun yang tidak dikenal dalam daftar teman
    Apabila anda menginginkan banyak followers di Instagram maka akan diikuti banyak orang yang muntidak Anda kenal. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi anada karena dapat berisiko pada penguntitan, menerima komentar tidak pantas, dan lain sebagainya.Untuk mencegah penguntit mengintai Anda, cara paling aman adalah menyetel akun menjadi privat, kemudian hapus atau blokir orang-orang yang tidak Anda kenal maupun mencurigakan.
  5. Jangan Pernah Meminjamkan Akun Kepada Orang LainMeminjamkan akun kepada orang lain akan bersiko lebih besar akun anda dihack karena bisa saja orang yang anda percaya malah menyalahgunakan kepercayaan anda.
  6. Kenalai Web Phising
    Web phising adalah upaya memanfaatkan website palsu untuk mengelabui calon korban. Website untuk phising akan terlihat mirip dengan website resmi dan menggunakan nama domain yang mirip.Ada banyak sekali web phising Instagram, dengan tampilan yang sama persis dengan web resminya. Karena itu kamu perlu waspada agar tidak masuk dalam jebakannya karena bisa saja data dari akun anda akan di ambil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button