TeknologiUmum

Cara Install Xampp Di Komputer Windows [Terbaru 2022]

Bagi Anda yang ingin membuat website namun belum memiliki domain dan hosting sendiri, bisa install XAMPP di komputer ataupun laptop terlebih dahulu.

Definisi sederhana dari Xampp adalah perangkat lunak berbasis web server yang bersifat open source (bebas), serta mendukung di berbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, atau Mac OS. Xampp digunakan sebagai standalone server (berdiri sendiri) atau biasa disebut dengan localhost. Hal tersebut memudahkan dalam proses pengeditan, desain, dan pengembangan aplikasi.

Dengan XAMPP ini, kita bisa tetap membuat website di PC komputer / laptop, dengan memasukkan aplikasi web server sehingga bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi web based.

Langkah ini juga sering digunakan bagi oleh para web developer yang sudah mahir sekalipun, untuk membuat website di komputer kerja mereka, sebelum mereka mengupload hasil kerjanya ke server hosting.

Aplikasi XAMPP ini dikembangkan oleh Apache Friends dan installer-nya bisa langsung diunduh dari situs mereka. Isi aplikasinya juga sudah sangat lengkap, antara lain:

  • Apache
  • MySQL
  • PHP
  • phpMyAdmin
  • FileZilla FTP Server
  • Tomcat
  • XAMPP Control Panel

Jadi secara singkatnya, XAMPP akan menginstal beberapa aplikasi server di localhost PC kita.

Untuk itu, di artikel ini saya akan berbagi tips langkah-langkah cara install Xampp dan bagaimana menjalankannya.

Berhubung saya pakainya Windows, maka panduan ini juga diperuntukkan bagi pengguna PC Windows ya. Namun kurang lebih untuk sistem operasi lain, caranya hampir sama lah.

Oke, let’s go…

Cara Install XAMPP Di Windows

1). Download aplikasi XAMPP terbaru.

Silakan klik disini untuk mengunduhnya, pilih salah satu (tips: bisa pilih yang versi 7.3 dulu, relatif banyak dipakai oleh para provider hosting).

download xampp terbaru

2). Dobel klik file XAMPP yang baru saja Anda download.

Kadang pada proses ini muncul pesan error. Jika ada, abaikan saja dan lanjutkan dengan klik YES dan OK.

cara instalasi xampp
panduan instalasi xampp

3). Klik Next pada jendela installer.

Pada tahapan ini seringkali muncul jendela yang isinya meminta Anda menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika semua aplikasi sudah ditutup, maka klik tombol Next.

install xampp di windows

4). Pilih aplikasi yang mau di install.

Pada tahapan ini, Anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang mau diinstal. Centang saja semua pilihan dan klik tombol Next.

pilih aplikasi xampp

5). Pilih folder instalasi.

Pastikan kapasitas hardisk atau drive tempat Xampp mau di install masih tersedia kuota yang mencukupi.

pilih folder instalasi xampp

6). Pilih bahasa.

Gunakan bahasa yang Anda familiar dengannya, kemudian klik Next.

pilih bahasa xampp

7). Jalankan instalasi.

Klik Next jika Anda sudah siap memulai proses instalasi Xampp.

xampp siap di install

8). Tunggu proses instalasi selesai.

Bersabarlah, selama proses instalasi berjalan, tidak perlu terburu-buru, okay 🙂

9). Start XAMPP.

Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.

Selain itu, akan muncul opsi apakah Anda mau langsung menjalankan aplikasi XAMPP atau tidak. Jika ya, maka centang opsi tersebut.

proses install xampp selesai

Cara Menjalankan Aplikasi XAMPP

Bukalah aplikasi XAMPP, bisa melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP.

Atau, jika Anda ingin membukanya langsung begitu proses instalasi selesai, maka centang kotak “Do you want to start the Control Panel now?” seperti terlihat pada gambar no. #9 di atas.

Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Biasanya jika saya menggunakan XAMPP, yang saya start hanyalah aplikasi Apache dan MySQL, karena saya tidak memerlukan aplikasi seperti Filezilla, dan lain-lain.

xampp control panel terbaru
cara menjalankan xampp

Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan http://localhost/xampp di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.

xampp berhasil dijalankan

Selamat, akhirnya Anda berhasil menginstal aplikasi XAMPP. Sekarang komputer Anda sudah berfungsi seperti server dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis web.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427