TerkiniTips & Trik

Cara Evakuasi Tawon dengan Mudah dan Aman

Rembang, Kalasela.id – Tawon atau tabuhan adalah salah satu jenis serangga yang suka menyengat jika merasa terancam. Tawon sering dijumpai di wilayah Asia yang memiliki iklim tropis dan sub tropis. Tawon termasuk dalam Ordo Hymenoptera yang masih satu kerabat dengan semut dan lebah.

Beberapa jenis tawon memiliki efek sengatan yang berbahaya, misalnya Tawon Vespa. Orang Jawa sering menyebut tawon ini dengan sebutan Tawon Ndas yang berarti Tawon Kepala. Hal ini dikarenakan Tawon Vespa membuat sarang sebesar kepala manusia. 

Korban sengatan tawon ini biasanya merasakan panas di sekujur badan, dan beresiko kematian jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk itu, pengetahuan tentang cara evakuasi tawon dengan mudah dan aman bagi pemula menjadi penting untuk diketahui.

Berikut ini adalah cara evakuasi tawon dengan nudah dan aman.

Baca juga : Relawan Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Desa Pulo Kabupaten Rembang

1. Menggunakan Teknik Pengasapan

Metode Pengasapan  adalah metode mengevakuasi tawon dengan membuat asap untuk melemahkan indera tawon. Metode ini cukup efektif untuk mengevakuasi tawon yang jauh dari pemukiman. 

Kamu bisa membuat pembakaran tepat di bawah sarang tawon yang ingin dimusnahkan, agar asap yang keluar dapat langsung ke sarang tawon yang sudah ditandai.

2. Metode Pembiusan

Cara ini yang sering dilakukan untuk membuat tawon pingsan dan sudah terjamin aman untuk dipraktekkan, pembiusan biasanya dilakukan menggunakan dengan bahan bakar minyak seperti pertalite atau sejenisnya.

Untuk melakukan metode ini, perlu disiapkan kapas atau tisu yang sudah diberi bahan bakar pertalite atau sejenisnya. Tapi pastikan saat mengevakuasi tawon dilakukan saat malam hari karena saat malam hari aktivitas tawon akan menurun.

Tutup lubang pada sarang tawon, pastikan lubang pada sarang hanya satu dan jika dirasa hanya satu dapat di tutup menggunakan kapas atau tisu yang sudah diberi bahan bakar minyak. Lalu kamu dapat menyemprotkan bahan bakar minyak disekitar sarang tawon. Jika dirasa sudah tidak ada pergerakan di dalam sarang berarti tawon sudah dapat dievakuasi.

3. Menggunakan Kapur Barus

Berikutnya, kamu bisa menggunakan kapur barus untuk mengusir tawon dari lingkunganmu. Caranya cukup mudah yaitu siapkan kain bekas atau kaus kaki yang tidak terpakai, kemudian masukkan kapur barus kedalamnya. Selanjutnya cukup gantungkan kapur barus tadi dekat sarang tawon yang mengganggu.

Cara ini cukup efektif untuk membuat tawon tidak betah di sarangnya. Hal ini karena kapur barus mengandung zat kimia dan memiliki bau yang kuat. 

4. Memanggil Petugas Damkar

Apabila dari ke tiga cara tersebut belum dapat mengusir tawon ndas di tempatmu, kamu dapat memanggil petugas yang sudah ahli dan berpengalaman.

Di daerah Rembang, petugas ahli yang menangani evakuasi tawon adalah Pemadam Kebakaran Kabupaten Rembang. Kamu dapat menghubungi nomor (0295) 692919 untuk membuat laporan kepada petugas Damkar Rembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427