Baru TahuTerkiniUmum

Cara Cek Bansos BLT BBM Kemensos 2022,Kapan Akan Cair ?

Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM.

Penyaluran bantuan sosial (bansos) BLT BBM ini disalurkan kepada penerima yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dilansir dari informasi resmi dalam laman Sekretariat Kabinet, perubahan data DTKS dilakukan setiap bulannya. Pembaruan DTKS dilakukan berdasarkan masukan dari pemerintah daerah.

Selain itu, masyarakat juga dapat memberikan masukan melalui menu “Usul dan Sanggah” pada apliaksi Cek Bansos, dengan data yang diusulkan akan dicek dan diverifikasi.

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 12,4 triliun untuk program BLT BBM ini, dengan total sasaran sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Nantinya, masing-masing penerima manfaat bansos akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu sebanyak dua kali atau total Rp 600.000.

Pemberian bantuan tersebut dilakukan dalam dua tahap, pada September dan Desember mendatang.

Cara cek bansos BLT BBM Kemensos

Data penerima manfaat bantuan sosial dari Kemensos dapat melakukan pengecekan melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id. Cara pengecekan data penerima BLT BBM sebagai berikut:

  1. Akses laman cekbansos.kemensos.go.id
  2. Masukkan data wilayah penerima manfaat yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa
  3. Setelah itu, masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
  4. Kemudian ketikkan 8 huruf kode yang dipisahkan spasi. Masukkan huruf kode captcha
  5. Setelah data yang dimasukkan benar, klik tombol “Cari Data”

Sistem cek bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah yang dimasukkan, dan akan muncul apakah data yang dimasukkan termasuk penerima manfaat bansos BLT BBM atau tidak.

Kapan BSU 2022 akan cair?

Dilansir dari laman Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), BLT bantuan subsidi gaji Rp 600.000 akan cair pada bulan September 2022.

Saat ini, Kemnaker tengah menyiapkan berbagai langkah percepatan penyaluran bantuan subsidi gaji dalam rangka menjaga daya beli yang terdampak lonjakan harga secara global.

“Kemnaker terus menyiapkan dan memfinalkan segala hal teknis untuk proses penyaluran BSU. Kami terus berupaya agar BSU ini dapat tersalurkan pada September 2022 ini,” tutur Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah seperti dikutip dari keterangan tertulis, 31 Agustus 2022.

Adapun langkah-langkah untuk penyaluran BSU antara lain penyelesaian administrasi keuangan dan anggaran untuk pengalokasian dana subsidi upah, memfinalkan regulasi terkait penyaluran bantuan subsidi gaji, serta berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait pemadanan data.

Ditegaskan bahwa bantuan subsidi gaji tidak akan disalurkan kepada aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI, maupun anggota Polri.

Adapun data calon penerima subsidi gaji dikoordinasikan oleh Kemnaker dengan BPJS Ketenagakerjaan. Data penerima subsidi gaji ini akan melalui proses verifikasi, baik di BPJS Ketenagakerjaan maupun di Kemnaker.

Para pekerja dapat melakukan pengecekan data penerima subsidi gaji melalui laman Kemnaker maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button