RembangRembang Hari Ini

BPBD Jateng Lakukan Verifikasi Terhadap Korban Tanah Gerak di Sumberjo

Rembang, Kalasela.id – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah kembali tinjau lokasi tanah gerak di Sumberjo, Rabu (08/01/23). Bersama dengan jajaran BPBD Kabupaten Rembang, Babinsa, dan Kepala Desa Sumberjo, mereka melakukan verifikasi dan pendataan korban tanah gerak.

Tim yang dipimpin oleh Dikki Rulli Perkasa sebagai Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Jateng, sebelumnya telah melaksanakan peninjauan lokasi pada bulan Desember lalu. Perlu diketahui bahwa pada bulan November lalu, sejumlah rumah di Sumberjo mengalami kerusakan akibat tanah gerak. Menurutnya, tinjauan kali ini sebagai tindak lanjut dari surat Bupati Rembang yang mengajukan permohonan bantuan terhadap korban tanah gerak.

Berdasarkan verifikasi yang dilakukan oleh tim ditemukan bahwa sejumlah rumah yang awalnya mengalami kerusakan ringan kini sudah masuk dalam kategori rusak berat.

“Hari ini kondisinya sudah berubah dari yang kemarin tanggal 30 Desember disampaikan Pak Bupati. Saya lihat misalnya di belakang ini rumah Pak Yanto kemarin masih rusak ringan atau sedang. Saat ini sudah tidak layak dan mungkin sudah masuk dalam kategori rusak berat,” ungkapnya.

Hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim BPBD Jateng akan segera dilaporkan sebagai tindak lanjut penanganan ini.

Perihal relokasi para korban, tim masih menunggu kajian dari ESDM dan PU terkait kondisi dan struktur tanah. Nantinya hasil kajian yang akan dilakukan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk relokasi atau tidak. Untuk menghindari potensi bencana susulan, korban akan diungsikan ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu.

Babinsa desa Sumberjo Serma Ahmad Mukhlisin menyampaikan bahwa korban tanah gerak saat ini berjumlah 11 orang dan 3 korban di rt 05 rw 06 segera dilaporkan. Para korban akan diberikan bantuan uang tunai yang jumlahnya belum dapat disebutkan. -Mahiza-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button