TeknologiTerkini

#BlokirKominfo Trending Twitter,Berikut Penjelasnya!

Penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup publik beberapa waktu lalu,viral di media sosial .

Hashtag Blokir Kominfo mulai trending di Twitter pada pagi hari ini 30 Juli 2022. Pasalnya beberapa layanan game dan pembayaran online telah diblokir.

Pemblokiran game di Steam, Uplay, Battlenet, hingga Epic Games telah dilakukan sejak dini hari oleh Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) .

Tak hanya game saja, sarana pembayaran online secara Internasional, PayPal juga ikut diblokir oleh Kemenkominfo.

Pemblokiran ini juga dilakukan ke sejumlah platform ternama lainnya, mulai dari Steam, Yahoo, Dota, hingga Epic Games. Kabarnya, pemblokiran dilakukan karena perusahaan platform itu tidak melakukan pendaftaran Penyelanggaraan Sistem Elektronik (PSES) Lingkup Privat sebagaimana telah digaungkan oleh Kominfo sejak dua tahun lalu, khususnya dalam satu bulan terakhir.

Sontak para pecinta games dan freelancer melayangkan protes massal di Twitter dengan tagar Blokir Kominfo.

Menurut beberapa pelaku e-sports dengan adanya pemblokiran ini akan membunuh perlahan-lahan komunitas e-Sports lokal dan pembuat konten game.

Hal itu dikarenakan beberapa waktu lalu wakil ketua DPR RI Muhaimin Iskandar meminta perusahaan teknologi dalam dan luar negri untuk segera mendaftar PSE Ke Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) sebelum 20 Juli 2022.

Pro kontra tentang PSE masih ramai diperbincangkan, karena beberapa sumber mengatakan bahwa pemerintah bisa mengakses Email dan data pribadi para pengguna aplikasi.

Banyak warganet mengkritik keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang memblokir beberapa situs yang belum mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu PSE dan Kenapa Media Sosial Terancam Diblokir Kominfo

AkunĀ @__trivĀ menilai pemblokiran itu bakal berdampak pada pihak yang mencari nafkah di game online.

“gila apa ya kominfo ngeblock steam, bayangin berapa orang mata pencahariannya dr sana, streamer, caster, observer, propley, coach, dll. dilirik sm pemerintah engga, dikasih jalur sm pemerintah engga, piala presiden gaada, gaada kontribusi juga pemerintah buat dota dsb. tp ngeblok,” cetusnya.

PSE sendiri adalah setiap orang, penyelenggara negara, Badan Usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluan dirinya dan/ atau keperluan pihak lain.Perusahaan Teknologi Besar Sudah Daftar Sebelum Deadline PSE Kominfo
Definisi tersebut tertuang di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019.

Menyikapi pengumuman Kominfo tersebut, Koalisi Advokasi Pemernkominfo 5/2020, menilai bahwa:

Pertama, pemberitahuan masa berakhirnya pendaftaran PSE Privat pada 20 Juli 2022 yang diumumkan satu bulan sebelumnya merupakan tindakan yang terburu-buru, apalagi informasi tentang kapan dimulainya pendaftaran PSE Privat melalui sistem OSS tidak jelas berlaku sejak kapan.

Kedua, registrasi ini dilakukan meskipun pemerintah belum melakukan perbaikan pada sejumlah permasalahan yang menghalangi kebebasan berekspresi dan berpendapat serta meningkat risiko kriminalisasi pembela Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia.

Ketiga, hingga kini belum cukup dilakukannya keterlibatan publik dalam pengembangan kebijakan atau pembentukan hukum peraturan perundang-undangan terkait, meskipun produk hukum Permenkominfo ini bagian dari wewenang pilar eksekutif.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button