Terkini

Bibit Siklon Baru Muncul, BMKG Ingatkan Pemudik untuk Waspada

Kalasela.id– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengidentifikasi munculnya bibit siklon tropis baru dengan kode 96S di sekitar Laut Sawu. Koordinatnya berada di 10.2° LS dan 121.0° BT. Menurut analisis BMKG, bibit siklon tersebut diperkirakan akan menguat secara perlahan dalam beberapa hari ke depan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem yang muncul akibat bibit siklon ini. Beliau menekankan pentingnya keselamatan dalam melakukan perjalanan, terutama bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pemudik:

1. Pantau Informasi Cuaca

Sebelum memulai perjalanan, penting bagi pemudik untuk aktif memantau informasi dan kondisi cuaca. Jika cuaca buruk, sebaiknya pertimbangkan untuk menunda perjalanan demi keselamatan.

2. Potensi Penguatan Bibit Siklon

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Bibit Siklon Tropis 96S cenderung akan menguat dalam beberapa hari ke depan. Meskipun peluang menjadi siklon tropis di sekitar perairan Nusa Tenggara Timur rendah dalam 24 jam pertama, namun presiksinya akan meningkat dalam periode 2-3 hari mendatang.

3. Wilayah Terdampak

Bibit Siklon 96S berpotensi memberikan dampak langsung dan tidak langsung terhadap kondisi cuaca di beberapa wilayah Indonesia. Perkiraan sementara, akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu, terdapat potensi angin kencang di beberapa wilayah seperti Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT. Gelombang tinggi juga diperkirakan akan terjadi di beberapa perairan sekitar wilayah tersebut.

BMKG menekankan bahwa kondisi cuaca ekstrem ini akibat dari berbagai faktor seperti aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), fenomena Gelombang Kelvin, dan Rossby Equatorial. Suhu muka laut yang hangat juga berperan dalam menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan awan hujan signifikan di wilayah Indonesia.

Dalam menghadapi situasi ini, BMKG mengimbau masyarakat, khususnya para pemudik, untuk selalu waspada dan mematuhi anjuran keselamatan. Keamanan dan keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama, terutama dalam kondisi cuaca ekstrem seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427