RembangRembang Hari Ini

Belasan Pemuda Magelang 13 Hari di Lasem, Ini Tujuannya

Lasem,kalasela.id- Belasan pemuda asal Kabupaten Magelang  belajar  membatik di Kecamatan Lasem. Mereka magang di Pusaka Beruang, salah satu produsen batik tulis Lasem mulai Rabu tanggal 5 sampai 17 Juli 2023.

Selama di Lasem mereka menginap di penginapan Rumah Oei, tempat tongkrongan di rumah berarsitek tionghoa kuno.  Rumah Oei sendiri merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Selama 13 hari mereka belajar cara membuat batik tulis di Pusaka Beruang . 15 pemuda itu  akan  mendapat ilmu spesial dari pemilik Pusaka Beruang, Santoso Hartono tak hanya membuat batik tulis, tetapi juga kewirausahaannya.

Salah satu peserta magang, Fatoni , Sabtu (8/7/2023) kepada kalasela.id mengungkapkan memiliki keinginan mengembangkan batik tulis khas Magelang. Produk yang disebut ingin dibuat yakni sarung batik tulis.  “Kebetulan saya ada background santri . Jadi saya ingin membuat batik khas Magelang untuk kalangan santri, khususnya sarung.”

Sebelumnya dirinya mengaku belum sama sekali mengerti dan belum pernah membatik. Harapannya setelah belajar di Lasem, Ia bisa mempraktekkan dan merintis usaha batik di Magelang yang cukup banyak kunjungan wisatanya baik wisatawan domestik maupun luar negeri.

Rudi Prasetyo perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah yang ikut mendampingi peserta magang mengatakan magang merupakan bagian dari program kewirausahaan dari pemerintah untuk mendorong sumber daya manusia pembatik yang berkualitas dan menumbuhkan wirausaha di Kabupaten Magelang.

Dipilihnya batik karena menjadi salah satu warisan budaya yang diakui oleh UNESCO dan memiliki daya tarik tinggi. Dipilihnya Lasem sebagai tempat magang karena Lasem merupakan sentra batik di Jawa Tengah selain Solo dan Pekalongan. “Batik Lasem inikan memiliki ciri khas tersendiri. Kemudian didukung adanya Peraturan Daerahnya , sehingga itulah yang membuat kita memilih Lasem sebagai lokasi magang mereka, ” imbuhnya.

Sedangkan dipilihnya pengusaha batik tulis Lasem Santoso Hartono sebagai tempat menimba ilmu kelima belas pemuda Kabupaten Magelang karena pemilik Pusaka Beruang itu dinilai sangat berkompeten di dunia batik tulis Lasem.

“Kami pandang Pak Santoso ini kompeten di bidangnya. Itu dibuktikan dari proses beliau tumbuh berkembang, dari mulai yang tidak apa apa menjadi besar,” ungkapnya.

Selama magang Santoso owner Pusaka Beruang menyampaikan akan memberikan latihan cara membuat batik tulis Lasem dari mulai membuat pola sampai dengan kerajinan khas Lasem itu jadi siap jual. Tak hanya tentang produk, mereka juga diberikan pengetahuan , cerita pengalaman, strategi wirausaha batik agar bisa berkembang. Mcs/Yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button