Baru TahuPilihan

Beberapa Tips Agar Tidak Gugup Ketika Interview Kerja

Tak sedikit orang yang akan melakukan interview kerja mengalami gugup. Tanda-tanda seseorang mengalami gugup seperti, mengeluarkan keringat dingin, bergetar, hingga merasa sesak napas dan hampir pingsan. Kamu pernah mengalami hal serupa? Tenang, itu sebuah kewajaran. Beberapa orang yang mengalami gugup biasanya dipicu oleh faktor psikologis, contohnya ketika kamu merasa stress saat akan melakukan interview kerja. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi gugup dan stress menjelang wawancara kerja.

  1. Persiapkan diri sebaik mungkin dengan Latihan

Interview kerja menjadi sebuah momen yang cukup dinantikan oleh sebagian besar para pencari kerja, untuk itu jika kamu adalah salah satunya jangan lewatkan kesempatan emas tersebut. Lakukan persiapan yang baik dan matang untuk menghadapi interview kerja, Persiapan yang dapat kamu lakukan adalah berlatih di depan cermin, seolah-olah kamu sedang berhadapan dengan orang yang akan memberimu interview.

Menyiapkan poin-poin terkait dengan perkiraan pertanyaan dan kualifikasi yang ada pada diri sediri juga menjadi hal penting yang harus dilakukan. Perlu diingat, cukup poinnya saja agar kamu tidak terpaku dengan hafalan, sebab ketika kamu menghafal dan melupakan satu kata justru akan memecah konsentrasimu dalam menjawab pertanyaan.

  1. Menyiapkan pakaian dan datang lebih awal

Persiapkan pakaian yang akan kamu gunakan untuk interview satu hari sebelumnya, tujuannya agar kamu dapat mengecek apakah pakaianmu sudah rapi atau perlu untuk disetrika ulang. Ingat, kerapian akan menambah kepercayaan diri ketika melakukan interview.

Memperkirakan estimasi untuk tiba di lokasi interview juga perlu dilakukan. Cari tahu jalur alternatif apabila mengalami kendala seperti kemacetan di jalan. Menggunakan ojek online juga bisa menjadi opsi agar merasa lebih aman dan nyaman menuju ke lokasi.

  1. Menenangkan diri agar tetap rileks

Saat tiba di lokasi pasti akan banyak pertanyaan yang membayangimu sebelum masuk ke ruang interview. Menenangkan diri dengan mengatur napas agak melegakan dirimu, bisa pula dengan minum air putih secukupnya. Usahakan pula agar kamu pergi ke toilet terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang interview.

  1. Usahakan untuk selalu tersenyum

Apabila sudah masuk ke ruang interview jangan lupa untuk tetap tersenyum. Kesan ramah yang kamu berikan pada pertemuan awal akan membuat suasana lebih nyaman antara kamu dengan orang yang akan menginterview kamu. Ekspresi wajah saat tersenyum akan memberikan kesan rileks dan membantu mengurangi rasa gugup serta membuat suasana lebih santai.

  1. Perhatikan gestur tubuh dan tetap focus

Gerak-gerik atau gestur tubuh kamu dapat terbaca oleh lawan bicara, untuk itu usahakan untuk tetap terlihat santai namun memperhatikan lawan bicara dengan serius. Dengan memperhatikan lawan bicara, kamu akan lebih mudah memahami pertanyaan dari lawan bicaramu, untuk itu jangan sibuk dengan berpindah-pindah posisi tangan atau sebagainya.

  1. Gunakan tiga magic words

Menggunakan tiga magic words (maaf, tolong, dan terima kasih). Magic words akan membantu kamu keluar dari masalah, ketika mendadak “ngeblak” atau kurang focus. Kamu bisa menggunakan tiga kata tersebut apabila ada pertanyaan yang kurang kamu mengerti dari lawan bicaramu. Tiga kata tersebut akan menunjukkan bahwa kamu memiliki attitude yang baik dan menunjukkan bahwa kamu menghormati lawan bicaramu.

Tips-tips di atas bisa kamu gunakan saat wawancara kerja. Tidak perlu panik dan gugup karena itu hanya akan merusak first impression mereka. Bagaimapun hasil interview kamu, jangan lupa untuk tetap tersenyum dan mengucapkan terima kasih sebelum keluar dari ruang interview.

 

Sumber:

https://www.interviewgold.com/advice/interview-nerves-and-how-to-overcome-them/

https://www.forbes.com/sites/jacquelynsmith/2013/03/26/14-tips-for-staying-calm-during-a-job-interview/?sh=8cff2f95cecf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button