RembangRembang Hari IniTeknologi

Aplikasi Pemandu Wisata Bernama “Enjoy Rembang”

Sempat lesu dimasa pandemi, pariwisata di Rembang kini mulai bergairah kembali. Beberapa even dan kegiatan budaya telah mulai ramai diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten dan juga kelompok masyarakat secara umum. Selama periode bulan AgustusĀ  ini saja terhitung ada beberapa event besar, salah satunya adalah Karnaval Pembangunan Rembang yang sukses dilaksanakan tanggal 21 agustus 2022 lalu.

Sebelumnya, pada tanggal 13 Agustus 2022 juga telah terselenggara Car Free Night (CFN) Kriya Fest. Selain even dan kegiatan budaya, beberapa destinasi wisata di Rembang juga berbenah. Salah satu yang sedang ditunggu adalah destinasi wisata Kota Pusaka Lasem. Menurut perkembangan terakhir, proyek pengerjaan Kota Pusaka Lasem ini sedang dalam tahap penyelesaian. Meskipun meleset dari target awal penyelesaiannya, Kota Pusaka Lasem tetap menjadi desnitasi unggulan yang banyak dinanti.

Baca juga : Memajukan Pariwisata Tak Cukup Hanya dengan Duta Wisata

Aplikasi Pemandu Wisata bernama Enjoy Rembang

Sejak 2018, Pemerintah Kabupaten Rembang telah merilis aplikasi pemandu wisata bernama Enjoy Rembang. Aplikasi berbasis android ini diluncurkan sebagai langkah percepatan dalam promosi wisata Kabupaten Rembang.

Pada peluncuran aplikasi ini, Bupati Rembang menyampaikan bahwa potensi wisata yang banyak di Rembang perlu didorong sebagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui parisiwata dan ekonomi kreatif.

Fitur dalam Aplikasi Enjoy Rembang

Saya pribadi sangat mengapresiasi langkah PemKab Rembang untuk memajukan sektor pariwisata dengan peluncuran aplikasi Enjoy Rembang. Aplikasi ini cukup lengkap karena memuat data wisata, kuliner, hotel, even, oleh-oleh, dan seni budaya.

Selain itu juga terdapat penunjuk lokasi dalam bentuk peta yang terkoneksi google map. Para pengguna juga dapat memberikan review terhadap destinasi wisata yang telah dikunjungi.

Penilaian Pengguna di Playstore

Sejauh ini, aplikasi berukuran 7 MB ini telah diunduh lebih dari 1000 pengguna di playstore. Secara rating, aplikasi ini mendapat penilaian yang bagus mencapai 4.9 dari 5 bintang. Sebagian pengguna yang memberikan rating positif, menilai aplikasi ini banyak membantu untuk mencari tahu destinasi wisata yang ada di Rembang. Sementara itu, pengguna yang memberikan rating buruk tidak memberikan ulasan untuk perbaikan aplikasi ini.

Saran untuk Potensi Pengembangan

Setelah mencoba aplikasi ini selama hampir 1 bulan, saya dapat mengatakan bahwa aplikasi ini cukup membantu bagi wisatawan yang datang dari luar daerah. Meskipun secara keseluruhan aplikasi ini sudah baik, namun ada beberapa hal kecil yang jika diperbaiki akan menambah kenyamanan pengguna.

Nah beberapa saran untuk pengembangan saya tuliskan dalam uraian berikut

  • Penambahan jadwal agenda wisata/ even dalam 1 tahun

Penambahan jadwal ini tentu akan memberikan gambaran yang lebih jelas bagi wisatawan dalam merencanakan kunjungan wisatanya ke Rembang. Dengan jadwal ini wisatawan yang berasal dari luar kota untuk mengunjungi Rembang mampu mendapatkan pengalaman terbaik meskipun dengan periode liburan yang singkat.

Hal ini akan sangat membantu untuk wisatawan di perkotaan yang biasanya adalah pekerja kantoran dengan waktu cuti yang terbatas.

  • Pembaruan Aplikasi untuk Online Map

Terakhir kali saya mencoba online map masih banyak lokasi yang belum dapat ditunjukkan secara jelas dalam peta. Jika hal ini diperbaiki tentu para wisatawan akan lebih mudah untuk mengetahui destinasi wisata terdekat.

  • Penambahan Menu Rekomendasi Agenda Wisata Unggulan

Tampilan awal aplikasi saat ini, saya rasa cukup membingungkan dan tidak nyaman bagi pengguna secara umum. Hal ini dikarenakan tampilan awal saat ini hanya berisi foto destinasi wisata tanpa ada kategori penjelas di dalamnya.

Saran saya adalah tampilan awal diisi dengan rekomendasi agenda wisata unggulan di Rembang. Diharapkan saat pertama kali pengguna membuka aplikasi ini akan mendapatkan gambaran secara lebih jelas tentang rangkaian wisata yang direkomendasikan.

Lalu juga dapat ditambahkan perencanaan wisata mulai dari kendaraan umum yang dapat diakses, penginapan yang direkomendasikan hingga perkiraan biaya dalam satu kali periode liburan di Rembang. Tentu jika hal ini dapat ditambahkan akan sangat bermanfaat bagi pengunjung terutama dari luar daerah.

  • Penambahan Daftar Destinasi Wisata

Destinasi wisata perlu terus ditambah dikarenakan pembaruan aplikasi terakhir masih belum memasukkan destinasi wisata baru. Terutama destinasi wisata unggulan seperti Kota Pusaka Lasem yang akan segera diresmikan.

Pendataan ulang destinasi wisata sepertinya perlu dilakukan untuk mendapatkan data terbaru. Apalagi seperti diketahui, banyak proyek desa wisata yang saat ini sedang dikerjakan.

Setidaknya itu adalah beberapa saran yang dapat dilakukan untuk menambah pengalaman pengguna aplikasi Enjoy Rembang. Diharapkan dengan adanya perbaikan dalam aplikasi pemandu wisata ini juga mampu meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Rembang secara signifikan. Salam. (MHZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button