BusinessWorld

Apa Itu BRICS?, Mata Uang BRICS Siap Menggempur Dolar AS

Rembang, Kalasela.id – BRICS adalah singkatan dari kelompok negara-negara berkembang yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan. Kelompok ini pertama kali dibentuk pada tahun 2009, dengan tujuan untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan politik antara negara-negara anggotanya.

Nama “BRICS” pertama kali digunakan oleh Jim O’Neill, mantan kepala ekonom Goldman Sachs, dalam sebuah laporan tahun 2001 yang berjudul “Building Better Global Economic BRICs”. Laporan ini memperkirakan bahwa Brasil, Rusia, India, dan Tiongkok akan menjadi kekuatan ekonomi besar dalam beberapa dekade mendatang.

Pada tahun 2009, keempat negara tersebut bergabung dengan Afrika Selatan untuk membentuk kelompok BRICS. Kelompok ini memiliki populasi total lebih dari 3 miliar orang, dan menghasilkan sekitar seperempat dari PDB dunia.

BRICS memiliki tujuan untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, serta meningkatkan kepentingan nasional masing-masing anggota. Kelompok ini juga berupaya untuk memperkuat hubungan ekonomi dengan negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa.

Selain kerja sama ekonomi, BRICS juga membahas berbagai masalah politik global, termasuk isu-isu seperti perdagangan, energi, lingkungan, dan keamanan internasional. Negara-negara anggota BRICS juga seringkali bekerja sama dalam berbagai organisasi internasional, seperti PBB dan WTO.

Meskipun BRICS memiliki potensi untuk menjadi kekuatan global yang signifikan, kelompok ini juga menghadapi sejumlah tantangan. Beberapa negara anggota, seperti Rusia dan Brasil, telah mengalami stagnasi ekonomi dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, ada juga perbedaan pandangan politik dan kepentingan nasional antara negara-negara anggota yang dapat mempengaruhi kerja sama di antara mereka.

Meskipun demikian, BRICS masih memiliki potensi yang besar untuk memainkan peran penting dalam perekonomian global dan dalam mencari solusi atas berbagai masalah politik global. Kelompok ini dapat menjadi contoh bagi negara-negara berkembang lainnya dalam upaya mereka untuk memperkuat posisi mereka di dunia internasional.

Bisakah mata uang BRICS menggempur dolar AS?

kelompok BRICS masih memiliki potensi untuk memperkuat posisi mereka dalam perekonomian global dan dapat berkontribusi untuk memperluas keragaman mata uang internasional.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan meningkatkan kerja sama ekonomi dan keuangan antara negara-negara anggota dan mendorong lebih banyak perdagangan dalam mata uang nasional mereka sendiri.

Jika mata uang BRICS dapat berkembang lebih kuat dan lebih stabil di masa depan, mereka dapat mempengaruhi nilai tukar dolar AS dan mengurangi ketergantungan dunia pada dolar AS sebagai mata uang utama.

Beberapa pengamat menilai jika hal tersebut memang bisa saja terjadi. Dilansir dari Econimic Times, BRIC sendiri merupakan sebuah perkumplan yang terdiri dari negara-negara besar.

Dengan demikian, jika anggota BRICS ini mempunyai mata uang tunggal, sangat bisa mengalahkan dolar Amerika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427