Tips & TrikUmum

9 Rekomendasi Aplikasi Menggambar pada PC Terbaru [2022]

Halo, Sobat Kalasela.id ! Pada era digital saat ini, banyak perkembangan teknologi yang mempengaruhi kehidupan kita, salah satunya adalah hobi. Kamu yang tertarik membaca artikel ini mungkin memiliki hobi dalam menggambar. Nah, tetapi tau ga sih? Saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk menggunakan alat digital untuk menggambar sebuah ilustrasi, begitu pula dengan pelukis profesional.

Dengan menggambar secara digitalkamu akan mendapatkan beberapa keuntungan dibandingkan menggambar secara tradisional, yaitu efisiensi dengan menggunakan tool seperti Transform yang dapat membantu proses gambar, Undo yang dapat kamu pakai ketika ada kesalahan dalam penggambaran, dan masih banyak lagi.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan  rekomendasi aplikasi menggambar pada PC. Bagi kamu yang masih pemula atau ingin mencari aplikasi menggambar, tanpa berlama lama lagi, yuk! Kita simak artikel berikut!

1. Paint Tool SAI

Tampilan Paint Tool SAI (Sumber: cecileparkmedia)

Paint Tool SAI merupakan aplikasi yang cocok bagi kamu yang mau mencoba menggambar secara digital. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga gampang untuk dipakai dan juga memiliki sistem Brush yang halus. Sayangnya, Paint Tool SAI tidak memiliki fitur seperti Gradients, Figure Drawing dan Text, sehingga aplikasi ini hanya cocok untuk kamu yang ingin membuat ilustrasi, bukan komik dan manga.

2. Adobe Photoshop CC

 aplikasi menggambar
Tampilan Adobe Photoshop CC (Sumber: lynda.com)

Bagi kamu yang suka desain, pastinya sudah tau aplikasi ini!  Adobe Photoshop CC merupakan aplikasi serba guna yang memiliki banyak kegunaan..

Nah, Adobe Photoshop CC sudah menjadi aplikasi utama yang digunakan oleh banyak orang untuk melukis sebuah ilustrasi. Aplikasi ini juga cocok untuk kamu yang sedang mencari aplikasi gambar yang highly-customizable dan juga bagus dalam colour adjusting dalam mencari warna yang tepat untuk ilustrasi kamu.

Akan tetapi, karena pada semula Photoshop CC tidak dibuat untuk membuat ilustrasi, maka kamu harus melakukan kustomisasi Pen dan Brush tool yang ada di Photoshop CC dan melakukan beberapa pengaturan untuk menyesuaikan kamu dalam menggambar ilustrasi.

3. MediBang Paint

MediBang Paint Pro | MediBang Paint
Tampilan MediBand Paint (Sumber: medibangpaint.com)

Dibuat oleh perusahaan yang membuat Jump PAINT dan MangaName. MediBang Paint merupakan aplikasi ilustrasi yang simpel dan efektif. Apabila kamu membuat akun MediBang, kamu akan mendapatkan fitur yang lebih banyak untuk menggambar, terutama banyaknya variasi Brush yang dapat dipakai.

Aplikasi ini juga memiliki Frame Borders dan Screentones sehingga bisa digunakan untuk membuat komik dan manga. MediBang Paint juga memiliki cloud saving sehingga artis dapat menyimpan hasil gambar serta diintegrasi dengan perangkat lain.

4. Clip Studio Paint

How to switch from Photoshop to Clip Studio Paint by Miusmius - CLIP STUDIO TIPS
Tampilan Clip Studio Paint (Sumber: clipstudio.net)

Clip Studio Paint merupakan aplikasi pilihan utama untuk banyak artis profesional karena aplikasi ini memiliki banyak fungsi. Fungsi dari aplikasi ini diantaranya dapat digunakan untuk membuat ilustrasi, komik, dan juga animasi.

Aplikasi ini memiliki highly-customizable Brush yang sangat halus dan juga menyediakan art tools lain yang banyak seperti Screentones dan MonochromesJika kamu tidak suka Brush yang disediakan oleh Clip Studio Paint, kamu dapat mengunduh banyak Brush yang cocok dengan kamu di layanan resmi dari Clip Studio sendiri yaitu Clip Studio ASSETS

5. Krita

File:Krita 4.0 pre-alpha interface screenshot with kiki.png - Wikimedia Commons
Tampilan Krita (Sumber: krita.org)

Krita adalah aplikasi ilustrasi open-source yang gratis. Aplikasi yang baru ini memiliki segala hal yang dibutuhkan oleh seorang artis digital seperti Brush yang banyak dan bisa kamu kustomisasi. Karena aplikasi ini merupakan open-source, kamu dapat mengunduh dan import Brush kreasi orang lain apabila kamu tidak menyukai Brush yang tersedia.

Jika kamu tipe artis yang membutuhkan banyak layer saat menggambar, Krita memiliki fitur dimana kamu dapat membuat infinite layers. Hal yang membedakan Krita dengan aplikasi ilustrasi lain adalah, kamu dapat membuat animasi frame by frame dengan gratis!

6. Pixia

Download Pixia, Pengolah Gambar Gratisan Dengan Fitur Lengkap - Customations

foto: ncustomations

Aplikasi lain yang dapat kalian gunakan untuk digital painting adalah Pixia. Aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana namun lengkap dengan berbagai fitur.

7. Sketchbook

Aplikasi menggambar di laptop berbagai sumber

foto: sketchbook.com

Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sederhana dan fitur yang cukup lengkap. Selain itu, ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar, sehingga dapat menghemat penyimpanan di laptop.

8 MyPaint

Aplikasi menggambar di laptop berbagai sumber

foto: .linuxadictos.com

MyPaint merupakan salah satu aplikasi digital painting yang dapat digunakan tidak hanya di laptop, namun juga MAC dan Linux.

9. Microsoft Paint 3D

Aplikasi menggambar di laptop berbagai sumber

foto: microsoft.com

Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Microsoft Store. User interface pada aplikasi ini juga sederhana, sehingga mudah untuk dipahami bagi yang baru mulai belajar digital painting.

Nah, Sobat Kalasela.id! Itulah rekomendasi aplikasi menggambar pada PC yang dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah ilustrasi atau komik. Apabila kamu memiliki aplikasi menggambar lainnya, yuk! Bagikan di kolom komentar! Apabila kamu ingin mendapatkan rekomendasi aplikasi lain yang menarik seperti ini, jangan lupa untuk follow instagram kami ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button