BusinessTerkiniTips & Trik

8 Tipe Orang yang Harus Ada Dalam Tim Bisnis Anda

Rembang, Kalasela.id – Memulai bisnis bisa menjadi proses yang panjang dan sulit. Pembagian kerja yang benar tentu sangat membantu, terutama bagi para profesional muda.

Banyak pengusaha berusaha untuk mengambil sebagian besar tanggung jawab bisnis. Padahal, menggunakan tim bisa menjadi langkah yang baik untuk menyelesaikan semuanya dengan tuntas. Karena hampir tidak mungkin melakukan semuanya sendiri. Bisnis apa pun yang ingin Anda mulai akan membutuhkan keahlian yang berbeda. Jadi, Anda harus mempertimbangkan untuk mempekerjakan tim atau mitra untuk mendapatkan hasil terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. Kamis (22/12/2022)

Berikut 8 tipe orang yang dibutuhkan dalam tim bisnis Anda. Simak ulasannya.

1. Akuntan

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki anggota tim adalah kekuatan dengan angka. Anggota tim ini mungkin seorang akuntan berdasarkan perdagangan atau harus memiliki keterampilan pembukuan yang solid. Selain itu, bisnis Anda membutuhkan anggota tim yang bijak dalam mengelola uang dan memahami cara mengelola dana bisnis. Tugas anggota tim ini dapat mencakup: menyeimbangkan pembukuan bisnis, menyimpan catatan pajak, dan membuat laporan keuangan seperti laporan laba rugi dan neraca.

2. Analis

Memiliki keterampilan analisis yang kuat adalah sifat penting. Orang ini sangat diperlukan karena memiliki keterampilan membaca dan memahami dokumen yang rumit. Beberapa peran anggota tim analis mencakup pengelolaan proses pembentukan bisnis serta kontrak yang dibutuhkan bisnis Anda.

3. Tim Kreatif

Bakat artistik adalah keterampilan lain yang dapat menjadi aset besar untuk dimiliki oleh anggota tim bisnis. Sebagian besar perusahaan memerlukan logo, situs web, selebaran, spanduk, dan kartu nama. Seluruh tim akan diuntungkan jika salah satu anggota tim dapat mendesain barang-barang tersebut dan mahir dalam photoshop atau software desain grafis lainnya.

 4. Technical Leader

Dengan teknologi yang kini sudah menjadi suatu keharusan, memiliki anggota tim yang berpikiran teknologi sangatlah menguntungkan. Tanggung jawab anggota tim teknis Anda dapat mencakup perangkat lunak atau berhubungan dengan teknologi informasi hingga perlindungan virus. Ketika Anda memiliki masalah komputer yang dapat mematikan bisnis Anda, maka dengan memiliki anggota tim teknologi dalam itu akan menjadi sangat membantu.

Jika anggota tim teknologi Anda dapat membantu situs web perusahaan, itu akan menjadi aset tambahan. Memiliki anggota tim yang mengetahui cara membuat web dan melakukan pembaruan ini akan menghemat waktu dan uang bisnis Anda, dibanding harus terus mencari tenaga kontrak.

5. Orang yang cukup nekat

Terkadang, terlalu banyak berpikir bisa membuat keputusan lambat dan bahkan menghilang. Oleh karena itulah, orang nekat juga diperlukan dalam sebuah tim. Tentu saja, nekat bukan berarti tanpa berpikir, ya!

6. Memiliki pandangan yang visioner

Dia bisa membayangkan dan merencanakan dalam tiga atau bahkan 10 tahun ke depan mau dibawa ke mana bisnis itu. Hal ini juga penting dalam perencanaan bisnis, sehingga kamu dan tim bisa bekerja terus menerus menuju satu visi atau goal yang sama.

7. Semua bisa berkontribusi dengan ide-ide cemerlang

Tak ada yang takut untuk bersuara dan berkontribusi dengan ide mereka. Semua tim menerimanya dengan baik. Melalui banyak ide dan masukan, bisnis akan berjalan dengan baik.

Yuk, mulai sekarang cobalah cari kandidat-kandidat tersebut kalau mau memulai sebuah usaha. Tentu saja tidak mudah, tapi kamu bisa memulainya dari sekarang. Kemudian, menyaring semua kandidat sampai kamu mendapatkan yang terbaik.

8. Salesperson

Sejak hari pertama, Anda akan membutuhkan individu yang berpikiran penjualan sebagai bagian dari tim Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Orang yang berpikiran penjualan juga dapat menangani pemasaran karena pemasaran dan penjualan terkait erat.

Keterampilan yang harus dimiliki orang ini mencakup kemampuan membangun jaringan dan prospek. Keterampilan hubungan pelanggan yang kuat juga penting untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Tugas untuk peran ini akan mencakup mencari calon pelanggan untuk bisnis baru, menghadiri acara jaringan, dan menutup kesepakatan.

Sebelum Anda menjadikan tim Anda resmi, penting untuk mengadakan pertemuan uji coba. Anda dapat memastikan apakah tim Anda bekerja sama dengan baik atau tidak.

Pada masa pengujian, Anda bisa menilai dengan cara membuat suatu agenda dan melihat bagaimana perilaku mereka. Jika salah satu anggota tim Anda berulang kali melakukan hal tidak sesuai dengan SOP atau tidak punya frekuensi pemikiran atau visi misi yang sama, ini bisa menjadi tanda bahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button