Umum

8 Cara Membuat PPT Lebih Berkesan dan Menarik

Kalasela.id – Belajar cara membuat PPT menarik adalah hal penting bagi siapa saja yang rutin melakukan presentasi. Entah itu karyawan di sebuah perusahaan maupun tenaga pendidik, terutama dosen yang nyaris setiap hari selalu melakukan presentasi materi pembelajaran di hadapan puluhan sampai ratusan mahasiswa.

PPT atau slide presentasi memang perlu didesain semenarik mungkin untuk membuatnya tampak menarik di mata peserta didik. Tujuannya agar semua bisa fokus kepada materi yang disampaikan. Pemahaman kemudian lebih maksimal dan tentunya akan memberi kemudahan untuk meraih nilai ujian yang memuaskan.

Meskipun proses pembuatan PPT terbilang mudah, ternyata tidak sedikit yang masih bingung untuk menjadikan tampilannya menarik. Sebab dengan menggunakan template seadanya dan asal dalam memilih font atau huruf. Maka tampilan menjadi biasa dan tidak bisa menggugah minat. Lalu, bagaimana cara agar PPT bisa lebih menarik?

Cara membuat PPT yang menarik ternyata tidak sulit seperti yang dibayangkan. Kamu bisa membuatnya secara kreatif, unik, dan interaktif. Begini caranya!

Cara Membuat PPT yang Menarik

1. Memilih Judul yang Tepat

Cara membuat PPT yang menarik adalah memilih judul yang tepat. Pembuatan judul merupakan salah satu hal penting untuk membawakan suatu topik dalam presentasi. Untuk itu, buatlah judul secara ringkas dan padat. Jangan sampai membuatnya terlalu panjang sehingga tak menarik.

2.Gunakan Template

Cara kedua untuk membuat presentasimu makin menarik adalah menggunakan template. Microsoft sudah menyediakan berbagai macam template Power Point yang bisa kamu temukan di tab Design.

Ketika kamu klik salah satu template, seluruh presentasi, seperti font, warna, dan desain akan berubah sesuai tema yang dipilih. Namun, jika kamu kurang tertarik dengan template yang ada, ada banyak situs di pencarian Google yang menyediakan berbagai template menarik secara gratis, lho.

Caranya, kamu cukup memilih template favoritmu lalu mengunduhnya. Setelah itu, edit template yang ada dengan tulisan yang akan dipresentasikan, Toppers!

3. Ukuran Page

Ukuran page atau slide sebaiknya 16:9. Lagi pula, versi presentasi PowerPoint memiliki ukuran default 16:9 untuk presentasi baru.

4. Pilih Jenis Font

Memilih jenis font yang tepat bisa membuat PPT menjadi menarik, lo. Hal ini karena font akan memudahkan audiens saat melihat dan membacanya. Jadi, pilih jenis font Helvetica atau Arial dan hindari font yang terlalu menyempit. Pastikan pula bahwa font tersebut mudah terbaca. Untuk judul, kamu bisa menggunakan ukuran minimal 48 agar pas dan tidak kekecilan. Sementara untuk isi, sesuaikan dengan kebutuhan. Gunakan juga spasi 1,5 agar jarak antarkalimat pada isi agar rapi dan enak dilihat.

5. Sesuaikan Jumlah Slide

Microsoft menyarankan agar jumlah slide tidak terlalu banyak, akan tetapi sesuai dengan kebutuhan. Jadi, usahakan agar teks tetap sederhana dengan menggunakan poin atau kalimat ringkas serta mudah dimengerti.

6. Gunakan Grafik dan Gambar

Cara membuat PPT yang menarik adalah menggunakan grafik dan gambar yang tepat. Usahakan agar gambar tidak memiliki resolusi terlalu tinggi supaya filenya tak begitu besar. Selain itu, gunakan gambar yang sesuai dengan kebutuhan presentasi. Kemudian, jangan membuat gambar terlalu penuh pada slide agar tak padat sehingga kurang enak dilihat. Jadi, sisakan ruang pada sisi slide tersebut, ya. Hindari penggunaan animasi kecuali dalam presentasi tertentu. Gunakan sedikit grafik untuk menarik minat audiens pada presentasi.

7.Teks Sederhana 

Terlalu banyak kata-kata dalam satu slide Power Point akan membuat presentasi menjadi membosankan dan tulisan di dalamnya tidak terlihat dengan jelas.

Saat membuat Power Point, teks harus disusun secara sederhana. Masukkan kata kunci atau topik inti yang akan dijelaskan, selanjutnya kamu bisa menjabarkan secara lisan.

Agar lebih menarik, kamu bisa memperbanyak tampilan visual seperti gambar atau video agar menarik atensi audiens.

8. Periksa Ejaan dan Tata Bahasa

Cara membuat PPT yang menarik adalah menggunakan ejaan dan tata bahasa sudah tepat.  Apalagi, jika presentasi atau PPT tersebut dilakukan di hadapan klien atau dosen. Untuk itu, periksa kembali ejaan dan tata bahasa dengan baik dan benar.

Tips Membuat PPT yang Menarik

  • Jangan terlalu banyak gambar, buatlah secara simpel.
  • Hindari penggunaan banyak warna pada slide.
  • Pilih warna lembut dalam slide.
  • Gunakan font yang tegas seperti helvetica, noto, roboto atau open sans.
  • Usahakan desain atau template sesuai dengan topik, jika membahas soal tanaman maka hindari clipart Spiderman atau kartun.
  • Untuk basic presentasi cukup gunakan 6 layout template.
  • Cari bahan referensi slide presentasi di slidesgo.com (unduh, drop, dan sesuaikan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button