LifestyleTips & Trik

7 Jenis Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda Terbaru 2023

Rembang, Kalasela.id – Pernahkah anda berpikir tentang investasi? , yang dapat Anda lakukan dalam jangka pendek atau panjang? Jika belum, berikut beberapa jenis investasi yang mungkin cocok untuk Anda. Misalnya Warren Buffet yang menjadi orang terkaya ketiga dalam hal investasi.

Namun tentu investasi yang Anda lakukan jangan berupa investasi abal-abal atau bodong. Nah, berikut ada 7 jenis investasi yang layak Anda coba sebagai anak muda.

1. Investasi Diri Sendiri

Khusus untuk generasi muda yang baru pertama kali masuk dunia kerja, investasi diri sendiri berupa meningkatkan kemampuan merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Investasi diri sendiri adalah cara tepat untuk meningkatkan kualitas diri, menambah wawasan, serta mendalami dan memperluas skillset.

Jadi, tidaklah mengherankan kalau cara ini dapat membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih berpengalaman.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan anak muda untuk meningkatkan skill, salah satunya dengan terus mempertahan semangat untuk mau belajar. Serta yang tidak menolak untuk menerima ilmu baru di luar kemampuan mereka. Dengan memiliki ilmu baru maka besar kemungkinan anak muda bisa mendapatkan penghasilan tambahan di luar pendapatan utamanya.

Sebagai contoh kursus jahit biar dapat skill baru. Bahasa Inggris, ketika kita belajar Bahasa Inggris belajar bisa lebih cepat

2. Investasi Saham

Anak muda umur 20 tahunan juga perlu masuk ke sejumlah instrumen investasi seperti saham. berinvestasi saham bisa menghadirkan keuntungan ketika perekonomian sedang tumbuh. Tak hanya itu, ketika mulai berinvestasi saham, para investor juga bisa menikmati deviden yang kerap diberikan oleh perusahaan setiap tahunnya.

Meskipun begitu, investasi saham tidak selalu berbicara untung. Sebab namanya investasi ada momen naik turun yang mesti dilewati oleh para investor. Tak hanya itu, ia menegaskan, saat masuk ke instrumen tersebut, usahakan investasikan dana pada saham blue chip dengan kondisi keuangan prima. Hindari masuk pada saham ‘gorengan’ karena bisa membuat para investor merugi.

3. Emas

Emas merupakan investasi paling mudah yang dapat Anda lakukan karena emas dapat Anda investasikan berupa emas batangan atau emas perhiasan. Investasi emas selain dapat disesuaikan budget Anda, emas juga dapat Anda jual kembali ketika ada kebutuhan keuangan mendadak yang Anda perlukan.

Investasi ini juga memiliki resiko yang relatif tidak tinggi serta jangka waktu yang fleksibel tergantung Anda sendiri.

4. Reksadana

Reksa Dana juga merupakan salah satu investasi yang layak Anda pertimbangkan sebagai anak muda karena investasi reksadana sekarang telah tersedia dengan minimal pembelian yang relatif murah sehingga terjangkau.

Investasi reksadana juga memiliki jangka waktu yang tidak terlalu lama serta resiko yang relatif kecil sehingga menjadi salah satu alternatif investasi bagi kaum anak muda.

5. Deposito

Deposito yang ditawarkan berbagai perbankan saat ini dapat menjadi salah satu alternatif terbaik untuk investasi untuk kaum anak muda. Deposito yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp. 1.000.000,- yang terjangkau oleh anak muda.

Deposito juga layak dipertimbangkan karena hasil yang diperoleh biasanya sekitar 7 – 8 % dari nilai investasi Anda dan tentunya angka tersebut jauh lebih tinggi dari bunga bank apabila Anda menabung di bank.

Jangka waktunya juga terdapat berbagai pilihan mulai dari 1 bulan, 3 bulan ataupun 1 tahun yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

6. Asuransi

Nih, asuransi mungkin yang paling sering Anda dengarkan baik dari teman, saudara atau kerabat Anda yang kerap menawarkan produk – produk asuransi dari berbagai penyedia asuransi. Namun Anda jangan berpikir negatif secara langsung terhadap asuransi karena asuransi sesungguhnya layak menjadi pertimbangan terutama dalam masalah proteksi kesehatan.

Mungkin Anda sekarang masih sehat walafiat namun bayangkan 1 tahun kemudian, Anda mengalami suatu penyakit dan membutuhkan biaya perawatan di rumah sakit yang cukup mahal. Nah, pada saat itu asuransi dapat menjadi salah satu bantuan finansial ketika Anda perlu membayar tagihan biaya rumah sakit tersebut tanpa harus mengorek kantong Anda dalam – dalam.

Investasi Asuransi di masa muda juga tergolong bermanfaat selain karena manfaat proteksinya, juga biaya preminya yang relatif masih murah jika dibandingkan dengan biaya premi di umur 40-an, 50-an, atau 60-an.

7. Properti

Jika Anda memiliki uang yang berlebih, maka tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk investasi properti karena investasi ini akan menjadi investasi yang berguna bagi Anda untuk di masa mendatang karena jangka waktu investasi ini biasanya bersifat jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button