RembangTerkini

63 Warga Desa Kaliombo Terima Uang Ganti Rugi Pembebasan Tanah

Uang Ganti Rugi Pembebasan Tanah Rencana Pembangunan Embung

Rembang, Kalasela.id – Berita Rembang,  Warga di Desa Kaliombo Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang mendapat biaya ganti rugi dari Pemkab rembang terkait pembangunan embung, Jum’at (9/12/2022) .

Penyerahan ganti rugi dilakukan oleh Bupati Rembang H.Abdul Hafidz kepada warga yang terpengaruh rencan pembangunan embung di balai desa setempat.

Pada acara tersebut Bupati Hafidz menyampaikan bahwa pembayaran pembebasan tanah warga untuk proyek Embung Kaliombo akan dibagi menjadi dua tahap.  Tahap pertama untuk 47 orang akan dibayar pada 2022 ini. Sedangkan tahap kedua sebanyak 16 orang  akan dibayar pada tahun 2023 mendatang.  Sementara untuk proyek pembangunan embung Kaliombo sendiri  baru akan dimulai pada 2024 mendatang.

Dilansir dari rembangkab, “Secara formal legal sah masyarakat akan melepas tanahnya kepada pemerintah nanti akan dibayar lunas. Tahun 2008 kita sudah mencanangkan itu karena berbagai dinamika baru tahun ini saat saya menjabat saya serius untuk membebaskan lahannya,” katanya.

Sementara itu luasan lahan embung Desa Kaliombo  sekitar 16,5 hektar. Tanah tersebut milik 63 orang dengan total pembayaran kepada warga Rp. 31 milyar lebih.

Rencana embung tersebut akan digunakan untuk air baku yang dialirkan ke rumah-rumah warga dan sebagian untuk mendukung sektor pertanian.

Sementara itu Kepala Desa Kaliombo, Ngasmin menyampaikan terima kasih kepada Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz yang sudah menganggarkan pembebasan lahan embung untuk air baku, dan pertanian tersebut.

“Kita bisa berkumpul dalam rangka pelepasan hak tanah untuk pengadaan tanah pengadaan embung Kaliombo, terima kasih buat Bupati Rembang,” kata Ngasmin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button