Lifestyle

5 Trik Jitu Buktikan Makanan Sehat Bisa Lebih murah untuk Mahasiswa dan anak kosan

5 Trik Jitu Makanan Sehat

Sebagai mahasiswa dan anak kosan biasanya dalam mengatur pola makan sehari – hari lebih susah dan tidak terstruktur  dimana lebih mencari makanan fast food dan junk food dibandingkan waktu dirumah yang lebih kompleks dan dimanjakan berbagai menu makanan yang dimasak oleh ibu . Padahal istilah fast food dan junk food berbeda. Fast food adalah jenis makanan yang dapat disajikan dalam waktu cepat dan praktis, contohnya salad buah, kentang goreng, sandwitch sedangkan Junk food adalah jenis makanan yang dapat disajikan dengan nilai gizi yang rendah, contohnya : burger, minuman bersoda, eskrim, mie instan, keripik kentang dan kentang goreng.

Sampai sekarang belum bisa diteliti secara ilmiah mengapa masakan orangtua ( ibu)  lebih enak dan disukai pria  di bandingkan dengan masakan pacar atau istri. Kebanyakan orang – orang mengatakan adanya ikatan batin seorang anak dengan orangtuanya secara alami. Walaupun takaran bumbu dan bahannya sama tetapi memiliki rasa yang berbeda.

Berikut beberapa 5 trik jitu yang bisa kamu terapkan sebagai anak kos dan mahasiswa agar makan sehat :

  1. Wajib menjadi hal utama sarapan pagi

Aktivitas dimulai pagi hari hingga sore hari sehingga di butuhkan karbohidrat yang mencukupi kebutuhan energi,banyak kasusnya yang menyepelekan sarapan pagi membuat letih, lesu dan kurang bersemangat saat bekerja. Diusahakan sarapan pagi pukul jam 06.00 – 07.00 WIB

  1. Utamakan masak sendiri

Setiap kost memiliki fasilitas yang berbeda- beda yang disediakan oleh pemilik kos  ada yang di fasilitasi dapur dan tidak di fasilitasi dapur. Apabila kalian memiliki fasilitas dapur pergunakanlah semaksimal mungkin untuk memasak karena membeli bahan – bahan makan lebih terjangkau harganya di bandingkan beli diluar sudah jadi, namun banyak anak kosan yang enggan masak dikarenakan ribet masaknya dan memerlukan waktu yang sedikit lama yang berpengaruh jadwal kuliah atau shift masuk kerja pagi. Alangkah baiknya dimulai dari awal dalam mengatur pengelolaan waktu.

  1. Hindari cemilan snack yang berlebihan

Terlalu banyak cemilan snack membuat tubuh merasa cepat lapar dan membeli makanan instan yang sudah jadi padahal harganya lebih murah dibandingkan harga cemilan. Sebaiknya dibiasakan untuk tidak terlalu mengomsumsi cemilan snack yang banyak penyedap rasa, pemanis buatan.

  1. Makan dengan pola teratur dan tepat waktu

Karena mahasiswa rata – rata masuk kuliah pagi dan anak kos masuk kerjanya pagi juga banyak yang enggan untuk pola makan yang teratur dan tepat waktu sehingga harus membuat jadwal atau alarm dalam managemen waktu. Makan teratur sehari 3 kali dan wajib hukumnya untuk sarapan pagi

  1. Perbanyak komsumsi buah dan sayuran

Dengan membeli buah dan sayuran pribadi dapat lebih hemat dibandingkan beli yang satu paket dengan makanan. Takaran buah biasanya bisa lebih atau kurang dari 1kg yang bisa digunakan satu minggu bahkan lebih, begitu juga dengan sayuran apabila beli seikat bisa di kolaborasi dengan makanan yang di masak sendiri. Kedua sisi buah dan sayuran mengandung serat yang membuat pencernaan menjadi sehat dan lancar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button