TeknologiTips & TrikUmum

5 Cara Mudah Membuat Website Gratis Untuk Pemula

Cara mudah membuat website gratis untuk pemula  merupakan impian bagian semua orang, dengan adanya platform teknologi online yang menyediakan template  pembuatan Website,diharapkan memudahkan bagi orang untuk membuat website . Dari website ini kita bisa melakukan banyak hal, dari mencari informasi hingga bertransaksi jual beli.

Meski keberadaan website sudah umum, namun masih banyak dari kalangan masyarakat yang masih kesulitan mengoperasikannya. Beberapa dari mereka bahkan menganggap membuat website membutuhkan biaya mahal.

Tentu saja anggapan ini tidak benar, karena kini kamu bisa membuat website, bahkan tanpa biaya alias gratis. Nah, berikut cara untuk membuat website secara gratis yang dapat kamu terapkan.

5 Langkah Membuat Website Gratis dengan Wordpress

Secara umum ada lima tahapan cara membuat website secara gratis, yaitu sebagai berikut.

  1. Menentukan jenis website.
  2. Mengatur hosting dan domain.
  3. Atur tema dan tampilan.
  4. Sesuaikan plugin yang dibutuhkan.
  5. Optimasi website.

Untuk pembahasan kali ini, kita akan fokuskan pada pembuatan website gratis dengan platform Wordpress. Dengan catatan penggunaan Wordpress oleh 40% dari seluruh website di internet, membuat Wordpress memang telah dianggap sebagai salah satu Content Management System (CMS) terbaik untuk sebuah website.

1.Menentukan Jenis Website

Langkah pertama cara mudah membuat website gratis adalah menentukan jenis website. Saat ini jenis website sangat beragam bergantung pada penggunaannya.berikut ini adalah beberapa jenis website yang paling populer:

  • Website toko online. Toko online adalah salah satu jenis website yang paling banyak dibuat dan dikunjungi saat ini. Siapa saja bisa membangun toko online dengan mudah. Dengan website toko online, Anda bisa mempromosikan dan menjual produk ke pelanggan di seluruh dunia, yang tentunya tidak bisa dilakukan melalui toko fisik.
  • Blog. Blog merupakan jenis website pribadi yang bisa Anda manfaatkan untuk membahas berbagai topik, misalnya untuk kegiatan bisnis (afiliasi, ulasan, niche) atau tentang hobi dan aktivitas Anda. Jenis website ini juga saat ini cukup populer, bahkan bisa Anda bisa mendapatkan uang dari blog.
  • Website edukasi. Punya hobi atau kemampuan di bidang tertentu? Anda bisa mencoba membuat kursus online atau bikin website yang menawarkan layanan keanggotaan. Dengan website ini, Anda bisa berbagi informasi dan edukasi, sekaligus mengasah keahlian di bidang tersebut.
  • Website berita. Di era yang serba online ini, membuat situs web berita juga menjadi topik yang cukup populer. Orang-orang sering mencari informasi melalui berbagai sumber. Kalau Anda suka berbagi kisah menarik sehari-hari, cobalah buat website berita online.
  • Komunitas online. Saat ini, orang-orang mulai mencari hobi baru, sehingga website komunitas menjadi salah satu yang paling banyak dibuat. Anda juga bisa buat website komunitas sebagai wadah bagi orang-orang dengan hobi yang sama dengan Anda.
  • Portofolio. Yap, jenis website yang satu ini juga populer, terutama di kalangan orang-orang yang bekerja secara online, misalnya sebagai freelancer. Anda bisa membuat website portofolio dan mengembangkannya untuk memperluas jangkauan klien, mengikuti lomba atau kompetisi, dan tawaran bisnis.

2.Mengatur Hosting dan Domain Gratis

merupakan pilihan yang paling cocok kalau Anda baru mulai membuat website sederhana.

Layanan ini adalah tipe server yang menaungi banyak user dan ditujukan untuk website berskala kecil hingga medium.

Cara kerja shared hosting bisa diumpamakan seperti transportasi umum, misalnya bus atau kereta. Jadi, beberapa website menggunakan resource yang sama dari satu server fisik, seperti penumpang dalam kendaraan umum.

Meskipun harganya terjangkau, ada batasan yang cukup ketat pada layanan ini agar setiap user bisa memakainya bersama-sama dan tidak menyalahgunakan resource.

Untuk shared hosting, kelebihannya adalah sebagai berikut:

  • Domain gratis. Pilih paket hosting Premium atau Bisnis di Hostinger, dan dapatkan domain gratis di tahun pertama.
  • Instalasi mudah. Setup tool terpopuler dengan mudah, seperti script e-commerce, content management system, platform blogging, software forum, dan masih banyak lagi!
  • Backup mingguan. Backup file dan database secara otomatis melalui control panel.
  • Control panel sederhana. Panel yang kami kembangkan sendiri untuk memberikan kenyaman dan kemudahan dalam mengelola hosting.
  • FTP/File manager. Nikmati kemudahan mengedit file, direktori, dan kode menggunakan file manager berbasis web. Anda juga bisa menggunakan aplikasi FTP, seperti FileZilla.
  • Cache manager. Dengan adanya cache, website akan melakukan bypass terhadap permintaan PHP dengan membuat halaman statis. Website yang loading-nya cepat akan membuat klien dan pengunjung senang!

Cloud Hosting

Cloud hosting paling cocok untuk website toko online, proyek berskala besar, dan website berita online dengan visitor yang kerap datang kembali untuk mengakses informasi.

Layanan ini menawarkan kemudahan shared hosting, tapi dengan kecanggihan virtual server.

Cara kerjanya adalah dengan menyimpan salinan website di beberapa server fisik yang saling bekerja sama. Jadi, kalau ada satu server yang down, server lainnya dalam cluster tersebut akan menjadi penopang agar website Anda tetap online.

Cloud hosting memiliki keunggulan seperti shared hosting, dengan tambahan:

  1. Gratis sertifikat SSL seumur hidup. SSL menerapkan HTTPS pada situs Anda, yang kini menjadi standar kelayakan web terbaru.
  2. Alamat IP khusus. IP untuk server adalah satu-satunya IP yang dikhususkan bagi Anda.
  3. Resource terpisah. Dibanding shared hosting, resource di cloud hosting menjadi milik Anda sepenuhnya dan tidak akan digunakan oleh user lain.
  4. Integrasi CloudFlare. Aktifkan lapisan tambahan dari proteksi DDoS, WAF, tool monitoring, dan fitur tingkat lanjut lainnya.

VPS Hosting

VPS paling cocok untuk Anda yang mau buat website berskala besar, yang nantinya akan dioptimasi penuh.

VPS sendiri merupakan singkatan dari virtual private server dan merupakan pilihan yang tepat bagi user yang menginginkan kebebasan dan kontrol menyeluruh untuk mengelola platform dan website.

Namun, untuk menjalankan VPS hosting, Anda harus punya skill manajemen server dan tahu cara mengoperasikan terminal.

Singkatnya, VPS hosting menawarkan kustomisasi tingkat tinggi terhadap semua opsi yang tersedia. Mulai dari sistem operasi hingga software stack, semuanya bisa Anda kelola berkat adanya akses root.

Nah, dengan VPS hosting, Anda akan mendapatkan keuntungan berikut.

  • Bebas mengelola environment. Akses root memungkinkan Anda membuat software sendiri dan mengontrol berbagai pengaturan di sisi server.
  • Resource terpisah. Tidak ada satu pun user pada server yang bisa masuk dan menggunakan resource Anda.
  • Dedicated IP. Setiap user VPS mendapatkan alamat IP yang semuanya berbeda dan tidak akan bisa digunakan oleh user lain.
  • 1-click OS install. Pilih sistem operasi dari berbagai pilihan distribusi Linux.
  • Server snapshot. Simpan pengaturan file dan server dengan fitur backup/restore otomatis.
    Sudah pilih hosting terbaik? Selamat! Mari lanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu menentukan nama domain.

3.Atur Tema dan Tampilan

Berikutnya, langkah membuat website gratis adalah dengan mengatur tema dan tampilan. Karena kamu memilih domain dan hosting gratis maka pilihan tema dan tampilan website akan terbatas. Untuk mengatur tema kamu bisa melakukannya melalui dashboard WordPress dari cPanel dengan mengunjungi namawebsite.com/wp-admin.

Setelah masuk dashboard, pilih menu Appearance > Themes > Add New. Di sini, kamu bisa memilih beberapa tema gratis yang tersedia. Jika sudah memilih tema, klik Apply untuk mengaktifkannya sebagai tema website kamu.

4.Pasang Plugin yang Dibutuhkan

Jika website sudah tertata rapi, kamu bisa lanjutkan dengan memasang plugin untuk meningkatkan fitur dan fungsionalitas website. Beberapa plugin penting dan wajib dimiliki sebuah website, yaitu LiteSpeed Cache dan Yoast SEO.

Untuk melakukan install plugin sendiri kamu bisa mengakses Dashboard > Plugins > Add New. Di sini, kamu bisa mendapati beberapa plugin, seperti LiteSpeed Cache dan Yoast SEO. Setelah proses instalasi plugin selesai, klik Activate agar plugin dapat dipakai dan bekerja di website.

5.Optimasi Website

Terakhir, langkah membuat website gratis adalah dengan mengoptimasi website. Sebenarnya, sebelum tahapan ini kamu sudah memiliki website gratis. Namun, dengan melakukan optimasi website maka performa website-mu akan semakin baik. Jadi, melakukan optimasi website juga sangat penting dilakukan.

Optimasi website sendiri ada dua bagian, yakni optimasi performa website dan optimasi untuk search engine (SEO). Optimasi performa website bisa dilakukan dengan menggunakan tema website yang ringan dan mobile friendly, mempercepat loading-nya, dan meningkatkan security website tersebut. Sementara, optimasi search engine dapat dilakukan dengan membuat title tag sesuai kata kunci, menggunakan permalink yang singkat dan jelas, dan menulis konten yang berkualitas.

Itulah informasi mengenai cara membuat website gratis untuk pemula yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan informasi ini kamu bisa mendapatkan gambaran dan tidak ragu lagi untuk beralih ke dunia digital seiring dengan pertumbuhan teknologi yang semakin pesat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button