Lifestyle

5 CARA MUDAH MENYIMPAN KOMIK AGAR TIDAK MUDAH RUSAK

MENYIMPAN KOMIK ANIME

Rembang, Kalasela.id – Tren dalam industri komik terus berubah seiring dengan perkembangan budaya, teknologi, dan preferensi pembaca.

Karena dulu membaca komik diisi usia anak – anak sampai remaja yang hanya gemar membaca dan melihat gambar pada komik pada akhirnya terbengkala dan rusak tampilan cover sampai isinya.

Faktor yang paling berpengaruhg adalah media massa dan perkembangan zaman yang lebih efisien tanpa membutuhkan ruang yang banyak dalam mengoleksi Komik.

Seperti kalian ketahui buku komik juga salah satu sarana mendapatkan hiburan dan pengetahuan yang cepat dan efektif. Karena buku komik tidak hanya asal dibuat tetapi juga ada ilmu – ilmu di kehidupan yang bisa diterapkan. Seperti contoh komik Yugioh memberikan Pelajaran agar kita tidak terlalu terpaku dengan masa lalu atau masa depan.

Berikut 5 cara menyimpan komik anime agar bertahan lama dan rapi

  1. Pastikan selalu menutup sampul plastic buku komik rapat – rapat setelah digunakan

Sering membiarkan buku komik terbuka bisa menyebabkan debu dan kotor  pada kertas komik. Debu dan kotor inilah yang menyebabkan kusam buku dan tidak tahan lama.

  1. Simpan buku komik di dalam kotak yang lembab

Hal ini bisa menghindarkan  dari suhu yang akan merusak bukunya. Kerusakan buku komik didasarkan dari bahan dasar buku dan pembuatan dasar buku secara mekanik atau kimiawi. Dapat menyebakan  penghilangan warna dan tulisan pada kertas buku komik.

  1. Bersihkan komikmu dengan teratur dan manajemen waktu

Langkah pertama untuk membersihkan rak buku dengan membuat jadwal rutinitas sebulan berapa kali dalam seminggu . Setelah membuat jadwal rutinitasnya gunakan alat pembersih yang tidak merusak kualitas komik dengan menggunakan kain microfiber yang lembut.

  1. Berikan pengharum ruangan yang aman pada komik

Proses pemberian pengharum ruangan bisa membuat relaksasi pemilik komik  agar rasa empati terhadap buku komik semakin dijaga kualitasnya dan menghilangkan bau tidak sedap di sekitar ruang penyimpanan buku.

  1. Menyusun komik dengan kategori episode

Agar buku komik kamu tidak cepat  rusak pada bagian cover saat mengambilnya gunakan papan pembatas rak. Tujuan pemberian pembatas agar memudahkan kamu mendapatkan buku yang akan di baca pada tiap episode. Contohnya kertas karton, triplek, kertas warna. Sedangkan pembatas halaman dapat menggunakan : kertas origami, Penjepit kertas, bekas kancing bisa jadi kombinasi unik .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button