Lifestyle

5 Cara Mencegah Rambut Beruban Di Usia Muda Dengan Mudah Dan Praktis

Cara Mencegah Rambut Beruban Di Usia Muda

Rambut uban merupakan rambut hitam yang berubah warna abu – abu kemudian menjadi putih. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya faktor genetik berkaitan dengan produksi melanin di melanosit menurun seiring berjalannya usia rata – rata usia 30an tahun keatas. Peran orang tua dan kakek nenek bisa jadi mewarisi gen beruban di usia mudamu, maka tidak ada solusinya selain menggunakan cat rambut berbahan kimia atau alami.

Generasi Milenial yang mengarah pada modern sehingga  lebih terbuka dalam dalam mengomsumsi gaya hidup yang bebas . Gaya hidup yang bebas tidak jauh dengan  rokok, alcohol , kafein , begadang dan stress. Padahal proses regenerasi sel sangat penting pada tubuh terutama bagian rambut agar tetap sehat dan segar. Dapat di simpulkan  tidak hanya faktor genetic saja tetapi banyak faktor yang menyebabkan rambut uban di usia muda dapat terjadi.

Berikut 5 cara mencegah rambut beruban di usia muda dengan mudah dan praktis :

  1. Menghindari Minuman Beralkohol dan Berkarbonasi

Dengan cara membuar rencana untuk menolak tawaran dari orang sekitar agar dapat mengendalikan diri apabila di kemudian hari ada yang menawarkannya lagi. Menggunakan kaliamat sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain seperti contoh “terima kasih, saya belum bisa ikut karena banyak kerjaan”.

  1. Menghilangkan kebiasaan begadang

Kebiasan begadang dapat mempengaruhi regenerasi sel rambut  seperti hipertensi, obesitas. Kamu dapat menghilangkan kebiasan begadang dengan cara membuat jam tidur sebagai prioritas. Pada jam tidur malam hari segeralah tidur dengan cara melupakan kegiatan lain yang tidak bermanfaat.

  1. Rutin membersihkan Rambut agar sehat

Perawatan antara rambut dengan kulit saling berkesinambungan agar bagian kepala memberi kesegaran dan melembapkan rambut. Membersihan rambut dapat dilakukan dengan perawatan yang sederhana seperti mencuci rambut dengan sampo dan conditioner setiap hari hanya untuk mengurangi rambut rontok dan memberi kesegaran di kulit kepala, Sedangkan perawatan yang lengkap dapat dilakukan dengan cara creambath, hair mask dan hair spa  sampai menghilangkan infeksi dan bakteri seakar -akarnya.

  1. Mengurangi konsumsi berbagai jenis obat-obatan

Biasanya penggunaan obat yang menyebabkan ketergantungan memang susah di hindari karena situasi yang wajib dikomsumsi berapa lama waktu mengomsumsinya. Untuk  mengatasinya dengan cara mengurangi dosis pada obat tersebut tetapi kamu juga konsultasi ke Dokter yang bersangkutan apakah diperbolehkan atau tidak  . Bisa juga di gantikan jenis obat lainnya tetapi fungsinya masih sama. Menannyakan ke dokter untuk mencarikan obat tidak menghambat pembentukan melanin.

  1. Meningkatkan komsumsi Vitamin B12

Vitamin B12 berperan penting untuk menangkal infeksi  yang menyebabkan penyakit anemia agar membuat  kulit tubuh sehat dan segar terutama pada kulit rambut karena menghasilkan sel darah merah. Kalian dapat mengomsumsi makanan yang kaya vitamin B12 sayur hijau, ikan, hati ayam atau sapi dan susu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427