Lifestyle

5 Cara Efektif Berhenti Merokok Untuk Orang Kecanduan Yang Akut

Berhenti Merokok #berhenti #rokok #merokok #bahankimia #perokok #perokokaktif #perokokpasif #kesehatan

Rokok mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan efek adiksi (kecanduan) pada penggunanya seperti nikotin. Padahal tidak hanya perokok aktif saja yang beresiko tinggi tetapi juga perokok pasif yang terpapar asap rokok secara langsung yang menyebabkan kerusakan organ dalam dan jaringan tubuh yang menimbulkan  penurunan Kesehatan dapat meningkatkan  penyakit dalam yang kronis seperti kanker paru – paru.

Tekad kuat dari diri sendiri untuk berhenti dari kebiasaan merokok adalah hal paling utama dengan cara memotivasi menghindari yang berhubungan dengan apa saja yang berhubungan dengan rokok. Dapat membuat tahapan mulai dari berhenti, menjauh dan mengingat alasannya.

Berikut 5 Cara Efektif berhenti merokok  untuk orang kecanduan yang akut

  1. Menghindari teman dan lingkungan yang perokok aktif

Menghindari  teman dan lingkungan yang perokok aktif dengan cara menolak keras ajakan untuk  merokok dengan mengatakan alasan atas diri sendiri dan keluarga sekitar untuk menjaga kesehatan.

  1. Mengatur pola hidup sehat dan manajemen waktu

Menyeimbangkan kebutuhan jasmani dan Rohani dengan cara memanajemen waktu yang tepat. Kebutuhan jasmani meliputi mengomsumsi makanan yang sehat, istirahat cukup dan olahraga, sedangkan kebutuhan Rohani meliputi kebutuhan spiritual yang diantaranya Kesehatan fisik dan mental seseorang.

  1. Melakukan pengurangan jumlah rokok dalam sehari yang berkelanjutan

Pada pengurangan jumlah rokok untuk dikomsumsi lambat laun tubuh akan menjauhi bahan nikotin pada rokok dan mengurangi kecandungan parah di ikuti dengan dorongan kuat dalam diri untuk menunda merokok.

  1. Mencari alternatif pengganti rokok

Untuk mengembalikan indra pengecap pada lidah dalam penanganan mati rasa setelah kecanduan merokok dapat menyibukkan mulut dengan cara mengunyah permen karet atau permen mint yang bebasb gula atau mengomsumsi minum susu atau produk sejenisnya agar mengalihkan kamu untuk merokok

  1. Mengikuti organisasi hal positif tentang Kesehatan

Dengan mengikuti organisasi tentang Kesehatan diharapkan dapat menghayati dan mengimplementasikan ke kehidupan sehari – harinya. Dapat menjadi relawan kesehatan tentang peduli isu kesehatan mulai membuat peraturan, acuan  yang di buat suatu  organisasi ( SOP) sampai memberikan edukasi perihal Kesehatan kepada Masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button