TeknologiTerkiniUmum

4 Cara Mengirim Video WhatsApp Berdurasi Panjang

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi bertukar pesan yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Tak hanya bertukar pesan teks, kita juga bisa pertukar foto atau video. Sayangnya, WhatsApp memiliki aturan mengenai ukuran file maksimal (16 MB) yang bisa dikirim. Tapi jangan khawatir, di sini kami akan memberikan cara kirim video WhatsApp berdurasi panjang.

Cara Kirim Video Whatsapp
Seperti yang telah kita singgung di atas, kapasitas file maksimal yang bisa dikirim melalui WhatsApp adalah 16 MB dan durasi video maksimal 3 menit. Jika kamu mengirimkan video lebih dari 3 menit, biasanya WhatsApp akan membuat video tersebut menjadi lebih pendek. Lantas bagaimana cara kirim video WhatsApp berdurasi panjang tanpa terpotong?

Caranya cukup mudah, salah satunya kamu bisa menggunakan bantuan Google Drive dan mengirimkan tautannya ke dalam pesan, melalui lampiran file atau dokumen tersebut untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Melalui Lampiran Dokumen
Whatsapp memiliki kebijakan dimana kamu bisa mengirim video lebih dari 100 MB melalui lampiran file. Tak hanya video, kamu juga bisa mengirim PDF, e-book, foto, presentasi Power Point, maupun rekaman suara atau musik selama ukuran tidak melebihi aturan. Untuk mengirim video melalui lampiran file, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Whatsapp dan pilih kontak yang ingin kamu lihat video.
  2. Kemudian klik pada simbol clip kertas yang ada di samping kanan dekat tombol untuk mengirim pesan.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Document, jangan pilih opsi video meskipun file yang ingin kamu kirim berformat MP4.
  4. Langkah berikutnya, pilih video yang ingin kamu coba.
  5. Tambahkan keterangan atau pesan, lalu tekan kirim seperti biasa.
    Perlu kamu ketahui, batasan ukuran file yang bisa dikirim ke WhatsApp Android adalah 100 MB, Whatsapp iOS adalah 128 MB dan Whatsapp web atau desktop adalah 68 MB.

2. Menggunakan Google Drive
Cara mengirim video berukuran besar dan lama di WhatsApp berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan penyimpanan cloud milik Google Drive seperti ketika mengirim Gmail. Tapi berbeda dengan Gmail yang bisa mengubah file secara otomatis, di WhatsApp ini kamu harus mengunggah video yang ingin dikirim secara manual. Urutan langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Google Drive di HP atau melalui browser.
  2. Lalu unggah video yang ingin dikirim dengan klik icon “+” atau klik “Upload”.
  3. Pilih video yang ingin dikirim dan tunggu proses pengunggahan selesai.
  4. Jika sudah, salin tautan dengan cara “Share Link” dan tempel di pesan Whatsapp.
  5. Jika kamu ingin video yang sama ke orang yang berbeda, cukup salin tautan dan tautan yang mengirimnya saja tanpa perlu mengunggah video dari awal.

3. Memakai Aplikasi
Cara kirim video berdurasi panjang di Whatsapp yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan untuk mengurangi ukuran file. Dalam contoh kali ini, kita menggunakan aplikasi VidCompact yang ada di Android.

  1. Langkah pertama, unduh dan buka aplikasi VidCompact.
  2. Lalu pilih opsi “Pankas&Kompres”.
  3. Pilih video yang ingin kamu kecilkan ukurannya dan pilih resolusi hasil video.
  4. Tunggu proses kompres selesai.
  5. Dengan ukuran video yang sudah dikompres, kamu bisa langsung mengirimkan video ke Whatsapp maupun melalui lampiran file selama kurang dari 100 MB.

4.Bagi menjadi dua bagian
Cara ke empat ini masih menggunakan manual dengan mengirim video dan membaginya menjadi dua bagian namun cara ini membuat Video yang di kirim menjadi tidak utuh lagi .

Itulah cara kirim video besar dengan durasi lama di Whatsapp tanpa terpotong. Silahkan kamu pilih metode mana yang paling mudah untuk diikuti. Sebenarnya ada lagi cara lain seperti mengupload video di Youtube kemudian paste linknya ke chat WhatsApp. Hanya saja dari segi kemudahan, mungkin 3 cara sebelumnya yang paling simpel diikuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button