26 Alasan Penting Memiliki Website E-commerce Sendiri

Rembang, Kalasela.id – Akhir-akhir ini Pertumbuhan e-commerce dalam 4 tahun terakhir berkembang pesat. Pertumbuhan e-commerce akan tumbuh dari 2,3 trilliun pada tahun 2017 menjadi 4.88 triliun pada tahun 2021. Walaupun sebagian besar didominasi dari perusahaan ternama, tidak menutup kemungkinan peluang untuk Anda memiliki website penjualan Anda sendiri.
Berikut adalah 27 Alasan Penting Memiliki Website E-commerce Sendiri
Alasan Pentingnya Penjual Memiliki Website E commerce Sendiri
Menghadirkan berbagai macam channel penjualan sangat penting dilakukan penjual atau pemilik brand. Hal ini dilakukan untuk menghindari peraturan-peraturan yang mungkin merugikan penjual pada marketplace yang tersedia. Selain itu, masih banyak lagi alasan pentingya untuk Anda para penjual dan pemilik brand untuk memiliki website e commerce sendiri. Berikut alasannya:
1. Memperkuat Brand Value
Menjual produk atau layanan Anda di marketplace memiliki batasan dalam kontrol layar dan peningkatan ekuitas merek. Ini karena platform Marketplace memiliki template terbatas yang dapat disesuaikan dengan nilai Anda sendiri. Jika Anda memiliki situs web e-niaga sendiri, Anda berhak menyesuaikan nilai produk atau layanan Anda dalam tata letak situs web e-niaga Anda.
2. Website bisa mendatangkan pelanggan baru
Website menjadikan bisnis dan perusahaan Anda dapat diakses secara online oleh siapa saja, kapan saja, dan dari mana saja.
Berkat mesin pencarian Google, sekecil apa pun bisnis yang Anda jalankan tetap memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens dari seluruh dunia.
Nah, untuk penjelasan selengkapnya, beginilah cara website dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis.
3. Website mendatangkan trafik secara organik
Tidak bisa dipungkiri, SEO memang sangat ampuh untuk mendatangkan organic traffic dan meningkatkan domain authority dari website.
Jika Anda berhasil menemukan kata kunci yang tepat dan rutin membuat konten berkualitas, bisa dipastikan website bisnis Anda akan terpajang di halaman pertama Google.
Dari sinilah Anda akan mendapatkan kunjungan organik tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Tak hanya itu, ada juga cara mendapatkan trafik gratis yang patut Anda coba lho.
4. Website membantu promosikan toko offline
Kalau bisnis online Anda juga memiliki toko offline, sudah pasti Anda juga harus mempromosikannya melalui website agar calon pelanggan bisa menemukannya di search engine.
Fungsi website di sini bukan hanya menunjukkan peta lokasi toko Anda, tetapi juga memberitakan kabar atau informasi terbaru seperti promosi dan diskon khusus di toko offline.
5. Website turut berperan dalam marketing funnel
Website membantu menjaga ketertarikan dan keterlibaran leads baru yang telah melihat display ads atau iklan yang Anda pasang di media sosial.
Hal ini penting karena umumnya calon konsumen merasa perlu menggali informasi lebih dalam tentang suatu bisnis sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.
6. Meningkatkan kredibilitas
Alasan lain kenapa harus punya website adalah untuk membangun kredibilitas bisnis kecil Anda dan menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen.
7. Sebagian besar kompetitor memiliki website
Bisnis skala kecil seringkali harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan exposure karena tingginya persaingan di industri.
Agar produk atau layanan Anda bisa menarik perhatian target audiens, Anda membutuhkan website profesional yang tak hanya unik tetapi juga mudah ditemukan di mesin pencari.
Jadi sekalipun toko offline Anda sudah punya pelanggan setia, Anda tetap berisiko kehilangan peluang bisnis tanpa adanya website.
8. Lokasi tepat untuk menampilkan ulasan
Orang-orang akan membicarakan bisnis Anda di berbagai tempat di internet, baik itu blog pribadi, website review, atau bahkan di Twitter. Nah, Anda bisa memanfaatkan ulasan yang mereka tulis sebagai strategi marketing dengan menampilkannya di website Anda sendiri.
Dengan menggunakan situs web Anda sebagai tempat bagi calon pelanggan atau klien untuk membaca testimonial, Anda akan meningkatkan kepercayaan Anda sebagai sebuah bisnis.
Plus, itu akan membuat Anda bertanggung jawab. Jika Anda menjadikan ulasan pelanggan sebagai fitur situs, kemungkinan Anda akan selalu berusaha memberikan layanan yang luar biasa.
9. Mampu meningkatkan branding
Jika Anda menjalankan beberapa profil media sosial yang berkembang pesat, Anda mungkin bertanya-tanya, “apakah saya memerlukan situs web untuk membangun brand?”
Itu tergantung pada tujuan Anda. Meskipun saluran sosial dapat membuat merek Anda dapat dikenali, situs web akan memberikan umur panjang.
Pentingnya memiliki website untuk bisnis kecil memungkinkan Anda mengontrol tampilan, nuansa, dan suara bagi pelanggan Anda. Inilah kenapa harus punya website untuk membangun brand:
10. Didesain sesuai keinginan Anda sendiri
Baik Anda menyewa desainer web atau membangun situs web sendiri, setiap elemen desain dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, mulai dari skema warna hingga tipografi.
Konsistensi adalah kunci saat membangun merek, dan memiliki website yang disesuaikan akan membantu bisnis Anda menjadi dapat diidentifikasi.
11. Website menjadi ‘rumah’ bagi produk Anda
Berkat pasar online, pengecer dapat dengan mudah bertanya, “apakah saya memerlukan situs web untuk bisnis saya jika saya menjual produk di tempat lain?”
Nah, situs web perusahaan Anda adalah satu tempat di mana Anda benar-benar dapat memamerkan produk Anda. Di situs lain mana pun, Anda harus bekerja keras untuk menonjol di antara bisnis lainnya.
Dengan menggunakan desain web berkualitas tinggi untuk menjual produk, Anda dapat membangun merek yang dapat dikenali di situs eCommerce Anda sendiri.
12. Website membantu membangun brand voice
Identitas merek adalah tentang elemen visual dan cara Anda berbicara dengan pelanggan. Bagaimana Anda menyambut mereka di situs Anda dan mendeskripsikan produk atau layanan Anda?
Terhubung dengan orang-orang penting untuk bisnis kecil, dan cara termudah untuk melakukannya secara online adalah dengan situs web tempat Anda mengontrol salinannya.
13. Meningkatkan kualitas layanan pelanggan
Pertumbuhan itu hebat dan penskalaan itu mengasyikkan, tetapi mari kita hadapi: hidup sebagai pemilik bisnis tanpa henti – bukankah menyenangkan untuk mengurangi beban kerja Anda?
Situs web dapat membantu. Daripada menghabiskan sepanjang hari membicarakan pertanyaan dan masalah, situs Anda bisa menjadi tempat pertama yang dituju pelanggan.
Jadikan situs web Anda sangat mudah diakses oleh orang-orang, dan Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengejar kebutuhan bisnis lainnya. Inilah yang kami maksud:
14. Bisa menambahkan halaman kontak
Ini bahkan tidak harus menjadi halaman terpisah. Jika Anda lebih suka situs web satu halaman, berikan ruang untuk informasi kontak di tata letak.
Untuk memberdayakan orang untuk mengajukan pertanyaan apa pun, Anda dapat membuat formulir kontak atau cukup memberikan alamat email. Ini akan menghemat panggilan telepon mereka.
Anda juga dapat mengatur chatbot. AI adalah masa depan, dan chatbots cukup pintar akhir-akhir ini – bahkan masalah mendesak dapat diselesaikan dengan cara ini.
15. Membantu mengidentifikasi potensi masalah
Salinan berkualitas tinggi, chatbot cerdas, dan testimonial terperinci semuanya dapat membantu Anda menghindari masalah sejak awal.
Semakin banyak informasi yang dapat dilihat pelanggan Anda sebelum melakukan pembelian, semakin baik. Pikirkan tentang seberapa banyak yang dapat Anda katakan tentang produk atau layanan Anda di situs web Anda sendiri.
Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda pasti ingin menghindari kesalahan yang merugikan. Situs yang bermanfaat harus menghentikan sebagian besar masalah bahkan sebelum itu terjadi.
16. Media untuk bereksperimen
Memiliki website bisnis kecil memiliki banyak manfaat praktis, itu pasti. Tapi itu juga bisa menjadi sumber wawasan yang sangat berguna.
Jika Anda sangat tertarik dengan kebiasaan belanja pelanggan, Anda pasti membutuhkan website. Ada banyak hal yang perlu dipelajari tentang orang-orang yang menggunakan bisnis Anda.
Di luar semua fitur analitis yang datang dengan memiliki nama domain Anda sendiri, kami dapat memikirkan beberapa cara lain untuk bereksperimen:
17.Memasarkan produk eksklusif secara online
Punya produk baru yang aneh, dan Anda tidak yakin apakah itu akan berhasil di koleksi Anda? Anda dapat mencobanya terlebih dahulu di website Anda. Banyak situs eCommerce menjalankan eksklusif online.
Bergantung pada model bisnis Anda, Anda mungkin dapat menghindari melakukan pemesanan atau penyimpanan inventaris dengan menguji item hanya online.
18.Strategi pemasaran
Pemasaran adalah tentang bereksperimen. Anda dapat menguji A / B dengan halaman web yang berbeda, tombol ajakan bertindak alternatif di email Anda, mencoba spanduk dan popup – daftarnya terus berlanjut.
Website Anda adalah sumber daya yang bagus untuk menguji strategi pemasaran baru. Ini bisa relatif berbiaya rendah dan mudah diubah.
19.Fitur desain web
Anda dapat dengan mudah bekerja dengan desainer web atau pembuat website untuk mengganti tata letak situs Anda. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan.
Ingin menambahkan fungsi slider ke halaman arahan Anda? Lakukan. Pikirkan bahwa orang akan senang melihat animasi? Tambahkan mereka.
Kami tidak menyarankan Anda mengubah website Anda setiap minggu, tetapi desain web adalah hal yang dapat berubah. Jika Anda ingin mencoba fitur baru, Anda bisa.
20. Website dapat berfungsi sebagai tool marketing
Satu-satunya trafik yang diinginkan orang adalah trafik website. Saat situs Anda menjadi bagian dari rencana pemasaran, Anda akan mulai menarik lebih banyak pengunjung ke bisnis Anda.
Sekarang, jangan biarkan kami membingungkan Anda – kami tahu kami baru saja berbicara tentang lalu lintas. Tapi hanya sebentar, pikirkan tentang pelanggan Anda yang sedang melakukan perjalanan.
Untuk membantu mereka memulai dari awal hingga akhir, rencana pemasaran Anda perlu dengan mudah mendorong mereka dari satu saluran ke saluran berikutnya. Tanpa website, akan ada penghalang, dan perjalanan tidak dapat dilanjutkan.
21. Membantu menjalankan omnichannel
Sebelum Anda mulai berpikir bahwa pelanggan Anda dapat mengambil jalan pintas dalam perjalanannya, kami akan memberi tahu Anda apa yang mereka lewatkan.
Anda mungkin berpikir bahwa ‘omnichannel’ terdengar terlalu serius untuk website bisnis kecil. Tapi ini konsep yang sederhana, sungguh.
Bisnis multisaluran memberi pelanggan perjalanan yang mulus dan mudah di setiap langkah. Baik mereka berbelanja di toko atau di perangkat seluler, semuanya menyenangkan dan mudah.
22. Meningkatkan retention rate
Website bagus untuk membuat orang bertahan. Ada banyak fitur yang dapat Anda tambahkan ke desain website Anda untuk membantu dalam hal ini.
Kita berbicara tentang halaman daftar keinginan, formulir pendaftaran buletin, dan bahkan mungkin blog yang terhubung ke situs Anda.
Selama Anda menawarkan layanan yang ramah pengguna, opsi website ini akan memaksimalkan keterlibatan dan retensi pelanggan.
23. Bisnis dapat diakses pelanggan selama 24 jam
Kita semua perlu libur. Tapi bukan internet – internet tidak pernah libur. Ini benar-benar inti dari kenapa harus punya website bagi pemilik bisnis.
Jika kami belum meyakinkan Anda dengan semua kiat praktis kami, mungkin Anda akan dijual dengan gagasan bahwa Anda dapat menjalankan bisnis sepanjang hari, setiap hari, dengan sedikit usaha.
Anda masih mendapatkan 8 jam tidur, dan website Anda melakukan semua pekerjaan. Inilah mengapa ada banyak hal yang bisa dikatakan tentang kehadiran Anda sendiri secara online:
24.Membangun customer base di seluruh dunia
Atau setidaknya, bisa jadi. Selama Anda dapat menyediakan produk atau layanan di berbagai zona waktu, Anda dapat melakukannya saat Anda memiliki situs web.
Bayangkan Anda berada di Eropa, dan seseorang di ruang rapat Sydney menginginkan kursus pelatihan Anda, atau pembeli di New York menginginkan produk Anda. Mendunia itu mudah dan menyenangkan.
25. Pelanggan dapat menghubungi kapan saja
Jika seseorang bangun pada jam 3 pagi dengan pertanyaan untuk tim Anda, apa yang dapat mereka lakukan? Tunggu sampai pagi, atau lakukan panggilan telepon dan tekan pesan suara Anda?
Lebih mudah dari itu. Alih-alih menggunakan nomor telepon Anda, mereka dapat membuka situs web Anda dan mencari jawabannya, menggunakan formulir kontak, atau mengambil alamat email dari halaman kontak Anda.
26.Anda bisa sambil mengerjakan hal lain
Seperti yang kami katakan, Anda mungkin sangat sibuk. Anda sering kali harus mengambil banyak peran berbeda sebagai pemilik bisnis, dan terkadang itu berarti tidak melayani pelanggan untuk hari itu.
Di sinilah situs web benar-benar membuktikan nilainya. Pada hari-hari ketika Anda tidak bisa datang ke kantor atau toko,.