Terkini

22 Rekomendasi Lagu Pop Tema Kemerdekaan Tahun 2023

Rembang, Kalasela.id – Kemerdekaan adalah salah satu momen bersejarah yang paling berharga bagi suatu negara. Setiap tahunnya, negara-negara di seluruh dunia merayakan hari kemerdekaan mereka dengan penuh semangat dan kebanggaan.

Musik, sebagai bahasa universal yang dapat menyatukan perasaan dan emosi, seringkali menjadi sarana yang ampuh untuk merayakan semangat patriotisme dan mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan.

Beberapa lagu Pop Indonesia bertema kemerdekaan juga diputar di berbagai media. Bahkan, setiap tahunnya ada saja penyanyi Indonesia yang merilis lagu baru atau me-remake lagu bertema Kemerdekaan. Berikut 22 lagu pop bertema kemerdekaan untukmu!

1. “Tanah Airku” (1927) – Ibu Sud

Lagu ini juga menjadi salah satu lagu yang sering berkumandang di momen-momen kemerdekaan. “Tanah Airku” karya Ibu Sud menggambarkan rasa cinta yang mendalam terhadap tanah air serta harapan untuk terus menjaga dan merawatnya. Melodi yang sederhana namun penuh makna membuat lagu ini selalu menggetarkan hati setiap pendengarnya.

2. “Indonesia Pusaka” (1949) – Ismail Marzuki

Lagu klasik ini hampir menjadi pengiring tetap dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ciptaan Ismail Marzuki ini menggambarkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia sebagai tanah air yang indah dan kaya. Liriknya yang sarat makna dan melodi yang menghentak membuat lagu ini menjadi simbol dari semangat patriotisme.

3. “Kebyar Kebyar” (1979) – Gombloh

“Kebyar Kebyar” adalah lagu ciptaan Gombloh pada tahun 1979. Lagu ini masih sering diputar setiap tahunnya. Lagu ini termasuk di album Pesan Buat Negeriku.

4. “Rumah Kita” (1988) – God Bless

God Bless comeback dengan lagu “Rumah Kita” pada tahun 1988. Lagu ini diciptakan oleh Jusuf Antono Djojo dan Theodore K. S. Hutagalung. “Rumah Kita” termasuk dalam album Semut Hitam.

5. “Zamrud Khatulistiwa” (1996) – Chrisye

“Zamrud Khatulistiwa” tidak spesifik bercerita soal kemerdekaan, tapi isu penting di Indonesia. Lagu ini diciptakan oleh Guruh Sukarno Putra. Rilis pada tahun 1996, lagu ini masuk dalam album AkustiChrisye.

6. “Negeriku” (1997) – Chrisye

Lagu lain dari Chrisye berjudul “Negeriku” rilis pada 1997. Lagu ini masuk dalam salah satu album populer, yaitu Kala Cinta Menggoda. “Negeriku” diciptakan oleh Chrismansyah Rahadi, Mariana Adhiati, dan Yanti Noor.

7. “Berita Cuaca” (1998) -Boomerang

“Berita Cuaca” adalah lagu Gombloh yang dipopulerkan kembali oleh Boomerang. Rilis pada tahun 1998, lagu ini masuk dalam album Segitiga.

8. “Bendera” (2002) – Cokelat

Lagu pop bertema kemerdekaan terpopuler adalah “Bendera”. Lagu ini rilis pada tahun 2002 dan dinyanyikan oleh Cokelat. Diciptakan oleh Ross Candra, “Bendera” masuk dalam album Indonesia Bisa.

9. “Menjadi Indonesia” (2008) – Efek Rumah Kaca

“Menjadi Indonesia” diciptakan oleh Cholil Mahmud. Lagu ini dinyanyikan oleh Efek Rumah Kaca. Rilis pada 2008, lagu ini masuk dalam album Kamar Gelap.

10. “Bongkar” (2008) – Iwan Fals

Iwan Fals comeback dengan lagu “Bongkar” pada tahun 2008. Lagu ini diciptakan oleh Iwan Fals sendiri dan masuk dalam album Terbaik & Terpopuler.

11. “Garuda di Dadaku” (2009) – NTRL

NTRL yang dulunya dikenal dengan nama Netral merilis lagu “Garuda di Dadaku”. Rilis pada tahun 2009, lagu ini jadi soundtrack film berjudul sama. Lagu ini diciptakan oleh Bagus Dhanar Dhana, Christopher Bolemeyer, dan Eno Gitara Ryanto, serta masuk dalam album The Story Of.

12. “Dari Mata Sang Garuda” (2010) – Pee Wee Gaskins

“Dari Mata Sang Garuda” rilis pada tahun 2010. Lagu ini diciptakan oleh vokalis Pee Wee Gaskins, yaitu Dochi. “Dari Mata Sang Garuda” masuk dalam album Ad Astra Per Aspera

13. “Aku Indonesia” (2011) – Bandanaira

Bandanaira merilis lagu “Aku Indonesia” pada tahun 2011. Lagu ini dinyanyikan saat Hari Kemerdekaan 2011. Masuk dalam album Aku Indonesia, lagu ini diciptakan oleh Lea Simanjuntak.

14. “Selamanya Indonesia” (2011) – Twentyfirst Night

“Selamanya Indonesia” rilis pada tahun 2011. Masuk dalam album Dreams of Youth, lagu Twentyfirst Night diciptakan Anindya Pramadyana.

15. “Ayo! Indonesia Bisa” (2012) – Ello

Ello menciptakan lagu “Ayo! Indonesia Bisa” pada tahun 2012. Masuk album Taub Mumu, “Ayo! Indonesia Bisa” menjadi lagu tema Sea Games 2012.

16. “Jadilah Legenda” (2013) – Superman Is Dead

Superman Is Dead rilis lagu “Jadilah Legenda” pada tahun 2013. Masuk dalam album Sunset di Tanah Anarki, lagu ini diciptakan oleh Jerinx. Meski tak spesifik lagu kemerdekaan, isu yang dibahas cukup kompleks.

17. “Satu Indonesia” (2014) – Kotak

Kotak merilis lagu bertema kemerdekaan pada tahun 2014. Masuk dalam album Kotak, lagu ini cukup populer saat baru mengudara.

18. “Putra Nusantara (2016) – Shaggy Dog feat. Iwa K

Grup asal Yogyakarta ini menciptakan lagu berjudul “Putra Nusantara”. Rilis pada tahun 2016, Shaggy Dog berkolaborasi dengan Iwa K. “Putra Nusantara” masuk dalam album berjudul sama.

19. “Bersama Dalam Cinta” (2016) – D’MASIV

Rian dan Rama D’MASIV menciptakan lagu “Bersama Dalam Cinta”. Lagu ini masuk dalam album D’Masiv yang rilis pada tahun 2016.

20. “Merah Putih” (2016) – Saykoji

“Merah Putih” hadir dengan musik hip hop khas Saykoji. Lagu ini diciptakan oleh Igor dan masuk dalam album Merah Putih yang rilis pada tahun 2016.

21. “Indonesia Bisa” (2020) – Siantar Rap Foundation

Siantar Rap Foundation rilis lagu berjudul “Indonesia Bisa”. Masuk dalam album Indonesia Bisa, lagu ini dirilis pada tahun 2020.

22. “This Is Indonesia” (2021) – Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Krisdayanti, Geni Faruk feat. BEAUZ

Atta Halilintar menciptakan lagu “This Is Indonesia” bersama dengan BEAUZ hingga Vais Randi. Rilis pada tahun 2021, lagu ini dinyanyikan oleh Aurel Hermansyah, Atta Halilintar, Geni Faruk, dan Krisdayanti.

Deretan lagu di atas bisa masuk playlist-mu untuk menyambut 17 Agustus nanti. Semoga bisa membakar semangatmu di kemerdekaan tahun ini!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button