LifestyleTerkini

11 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental

Rembang, Kalasela.id – Saat ini, isu kesehatan mental semakin menjadi perhatian masyarakat khususnya bagi generasi Gen Z dan generasi milenial . Tak heran jika banyak yang mencari cara menjaga kesehatan mental.Tidak dimungkiri, menjaga kesehatan mental memang gampang-gampang susah.

Namun, apabila dilakukan dengan konsisten, niscaya kesehatan mental kamu akan senantiasa terjaga.Penasaran bagaimana cara menjaga kesehatan mental agar tetap ‘waras’ menjalani kehidupan?

Pentingkah Menjaga Kesehatan Mental?

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.Apabila mental sehat, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik dan penuh percaya diri.Kesehatan mental yang terjaga juga bisa membuat kamu lebih produktif, kreatif, dan inovatif, lho!

Karenanya, menjaga kesehatan mental adalah hal yang sangat penting.

Terlebih, kondisi pandemi COVID-19 yang statusnya masih belum jelas ini membuat sejumlah orang rentan mengalami gangguan kesehatan mental.

Penelitian Journal Plus One membuktikan, hanya beraktivitas di rumah selama pandemi COVID-19 dapat berpengaruh buruk pada kesehatan mental.

Artinya, banyak orang menjadi lebih mudah marah, moody, atau bahkan tidak mendapatkan perlakukan yang layak.

Jika kebiasaan ini terus dibiarkan, dapat berdampak buruk pada emosi yang berujung pada terjadinya gangguan kesehatan mental.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Kondisi kesehatan mental dapat memengaruhi pemikiran, suasana hati, dan perilaku.

Karenanya, gangguan kesehatan mental dapat mengganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup sehari-hari.

Bahkan, pada kondisi yang lebih berat, orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat melakukan percobaan bunuh diri.

Nah, agar kamu tidak mengalami hal-hal mengerikan tersebut, berikut beberapa cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan:

1. Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri 

Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis.

2.Tuliskan Hal-Hal yang Patut Disyukuri

Rasa bersyukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap harinya. Secara umum merenungkan rasa terima kasih juga efektif, tetapi kamu perlu berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan nikmati perasaan tersebut dalam hatimu.

3. Meditasi

Cara menjaga kesehatan fisik dan psikis yang pertama adalah rutin melakukan meditasi.

Meditasi adalah cara meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk:

  • Meningkatkan perhatian dan memori
  • Mendukung kelancaran verbal
  • Menjalani fungsi eksekutif
  • Meningkatkan kecepatan pemrosesan otak
  • Mendukung fleksibilitas kognitif dan kreativitas

Dengan melakukan meditasi, kamu akan lebih mudah untuk mengatur emosi sehingga dapat terhindar dari kondisi stres.

Sebuah penelitian Journal Science Direct membuktikan bahwa, seseorang yang mengikuti kegiatan meditasi dapat mengelola stres dengan lebih baik dibandingkan orang yang tidak mengikuti meditasi.

4.Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu

Fokus kepada tujuan mampu melepaskan emosi negatif atau sulit dari pengalaman masa lalu yang membebani. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu kamu untuk fokus. Ketika pikiran kamu terbang melayang hingga menyebabkan kamu overthinking, maka bawa saja kembali ke apa yang kini kamu tengah lakukan.

5.Olahraga

Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Carilah cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan coba melakukannya di luar ruangan. Paparan sinar matahari juga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan tingkat serotonin di otak.

6. Makanlah Makanan yang Enak

Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan, makan lezat dan sehat juga menyehatkan otak. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sementara itu makanan kaya protein membantu kamu tetap waspada.

Sayuran dan buah-buahan dipenuhi dengan nutrisi yang memberi makan setiap sel tubuh, termasuk yang mempengaruhi bahan kimia otak yang mengatur suasana hati. Sertakan makanan dengan asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 (ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan biji rami). Nutrisi ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

7. Terbukalah pada Seseorang

Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kamu berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain, yang membuat kamu lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri.

8. Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain memiliki efek menguntungkan pada perasaan kamu tentang diri sendiri. Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri. Makna yang ditemukan dalam membantu orang lain memperkaya dan memperluas hidupmu.

9. Istirahat

Pada saat-saat semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak, menjauhlah, dan lakukan apa pun kecuali hal yang membuat kamu semakin stres, setidaknya sampai kamu merasa sedikit lebih baik. Terkadang hal terbaik untuk dilakukan adalah latihan pernapasan sederhana: Tutup mata dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam. Untuk masing-masing tarikan napas, hitung sampai empat saat menarik napas, tahan selama empat hitungan, dan buang napas untuk empat hitungan. Hal ini bekerja baik untuk membantu kamu melawan stres.

10. Menghirup Aromaterapi

Ingin solusi yang lebih alami dan menenangkan? Coba cara ini, yuk!

Cara mengatasi gangguan mental diri sendiri juga bisa dilakukan dengan menghirup aroma terapi sambil meregangkan tubuh.

Melansir International Journal of Nursing Practice menjelaskan aromaterapi dapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

kamu dapat memilih aroma bunga untuk meningkatkan mood sebagai salah satu terapi di saat pikiran sedang penat.

kamu juga dapat menggunakan difusser atau lilin aromaterapi untuk melakukan hal ini.

11. Tidur Tepat Waktu

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.

Jadi mulai sekarang, kamu memiliki berbagai cara langkah-langkah positif sederhana untuk menjaga kesehatan mental kamu. Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan diatas tidaklah sulit dilakukan, kamu hanya memerlukan menerapkannya secara bertahap dan penuh ketelatenan dalam menerapkannya supaya mendapatkan manfaat jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kalasela/public_html/wp-includes/functions.php on line 5427