TeknologiUmum

11 Aplikasi Curi Data Pribadi, Tenggat Kominfo Berakhir Hari Ini

Kementerian Komunikasi dan Informatika kini tengah melakukan pendalaman mengenai dugaan 11 aplikasi melanggar atau menyalahgunakan data pribadi masyarakat. Staf Khusus Menkominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Dedy Permadi, mengancam menutup akses aplikasi-aplikasi itu di Indonesia jika dalam tenggat tiga hari tidak melakukan perbaikan sistem.

Kominfo melakukan pendalaman itu dan menemukan bahwa memang ada fitur-fitur yang berpotensi untuk penyalahgunaan data pribadi,” kata Dedy dikutip dari siaran pers Kementerian Kominfo, Jumat 22 April 2022.

Menurut Dedy, Kementerian Kominfo telah menyampaikan secara resmi secara tertulis kepada 11 penyelenggara aplikasi itu untuk mengikuti aturan perundangan-undangan yang berlaku di Indonesia. Tenggat tiga hari diberikan per Kamis lalu.

Penutupan akses akan dilakukan baik di Google Play Store maupun App Store. “Diantara aplikasi-aplikasi itu kami sudah memiliki daftarnya, mana aplikasi yang memang terbukti memiliki fitur mengandung potensi untuk melakukan pelanggaran data pribadi,” katanya.

Dedy merujuk kepada tindakan Google belum lama ini yang telah menarik sejumlah aplikasi dari Google Play Store. Keputusan ini diambil seiring ditemukannya kode rahasia dalam aplikasi tersebut yang diam-diam mencuri data pribadi pengguna.

Baca Juga : Waspada!,Aplikasi Edit Foto Facestealer Mengandung Malware Pencuri Password

Temuan ini pertama kali diungkap oleh peneliti di International Computer Science, Serge Agelman, dan Joel Reardon dari University of Calgary. Mereka menemukan data pribadi seperti nomor telepon, email, serta data copy-paste dapat dicuri peretas melalui seperangkat kode-kode khusus (SDK).

Berikut 11 aplikasi yang diam-diam mencuri data pribadi pengguna melalui kode-kode (SDK) yang tertanam di dalamnya tersebut:

Speed Camera Radar
Al-Moazin Lite (Prayer Times)
WiFi Mouse(remote control PC)
QR & Barcode Scanner
Qibla Compass – Ramadan 2022
Simple weather & clock widget
Handcent Next SMS-Text w/ MMS
Smart Kit 360
Al Quran Mp3 – 50 Reciters & Translation Audio
Full Quran MP3 – 50+ Languages & Translation Audio
Audiosdroid Audio Studio DAW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button