Terkini

10 Tempat di Jawa Tengah untuk Libur Lebaran yang Berkesan

Kalasela.id- Lebaran adalah momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan orang terkasih. Jawa Tengah, dengan kekayaan alam dan budayanya, menawarkan berbagai pilihan tempat wisata menarik untuk mengisi libur Lebaran kamu. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi:

1. Candi Borobudur (Magelang)

Situs warisan dunia UNESCO ini selalu menjadi primadona wisata di Jawa Tengah. Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur candi, berfoto dengan latar belakang stupa, dan mengikuti ritual keagamaan Buddha.

2. Dataran Tinggi Dieng (Wonosobo)

Dieng menawarkan wisata alam yang indah dengan berbagai telaga, kawah, dan pegunungan. Pengunjung dapat menikmati sunrise di Telaga Cebong, trekking di Bukit Sikunir, dan mencicipi kuliner khas Dieng.

3. Taman Nasional Karimunjawa (Jepara)

Kepulauan Karimunjawa terkenal dengan keindahan pantainya yang berpasir putih dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat snorkeling, diving, atau sekadar bersantai di tepi pantai.

4. Kota Lama Semarang

Kawasan bersejarah ini menawarkan wisata budaya yang menarik dengan berbagai bangunan kuno, museum, dan kuliner khas Semarang. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang Lawang Sewu, mengunjungi Kota Lama Night Carnival, dan mencicipi lumpia Semarang.

5. Taman Wisata Saloka (Semarang)

Taman hiburan ini menawarkan berbagai wahana permainan yang seru untuk anak-anak dan orang dewasa. Pengunjung dapat mencoba roller coaster, bianglala, dan berbagai wahana air.

6. Dusun Semilir (Bawen, Semarang)

Destinasi wisata ini menawarkan berbagai spot foto instagramable, taman bermain anak, dan kuliner khas Jawa. Pengunjung dapat berfoto di spot The World of Love, naik kereta mini, dan mencicipi mendoan khas Bawen.

7. Candi Prambanan (Sleman)

Candi Hindu terbesar di Indonesia ini menawarkan wisata sejarah dan budaya yang menarik. Pengunjung dapat melihat keindahan arsitektur candi, mengikuti pentas Ramayana Ballet, dan menikmati kuliner khas Yogyakarta.

8. Pantai Parangtritis (Yogyakarta)

Pantai ikonik Yogyakarta ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan ombak yang besar. Pengunjung dapat bermain pasir, berenang, atau sekadar menikmati sunset di tepi pantai.

9. Taman Nasional Gunung Merapi (Magelang)

Bagi pecinta alam, pendakian Gunung Merapi menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi libur Lebaran. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan menantang diri untuk mencapai puncak gunung.

10. Grojogan Sewu (Tawangmangu, Karanganyar)

Air terjun kembar ini menawarkan wisata alam yang menyegarkan dengan air yang jernih dan udara yang sejuk. Pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun, trekking di hutan, dan mencicipi kuliner khas Tawangmangu.

Tips:
  • Pesan tiket wisata dan akomodasi jauh-jauh hari, terutama jika Anda berlibur pada musim Lebaran.
  • Siapkan uang tunai untuk pembayaran di tempat wisata yang mungkin tidak menerima pembayaran non-tunai.
  • Bawalah perlengkapan yang sesuai dengan tempat wisata yang akan Anda kunjungi, seperti topi, sunscreen, dan pakaian renang.
  • Patuhi peraturan dan adat istiadat setempat.

 

Semoga artikel ini membantu kamu dalam memilih tempat wisata yang tepat untuk libur Lebaran di Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button